Dana Pilkades Serentak di Cianjur Rp1,6 Miliar

Ilustrasi Pilkades
ILUSTRASI.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 77 desa di 27 kecamatan se Kabupaten Cianjur, bakal digelar pada 28 Mei 2016 mendatang. Pemerintah sudah menganggarkan budget hingga Rp1.6 Miliar.

Kepala Sub Bidang Lembaga Pemerintahan Desa dan Kelurahan BPMPD Kabupaten Cianjur, Rela Nurlela mengungkapkan, kegiatan pemilihan kepala desa akan dilaksanakan pada 28 Mei 2016 dan akan dibiayai langsung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Cianjur. Biaya yang digelontorkan dari APBD akan dialokasikan untuk beberapa keperluan diantaranya, surat suara, kelengkapan, honor dan pelantikan.

”Setiap desa juga dibolehkan menggunakan dana tambahan yang dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Dana desa disediakan minimal untuk konsumsi rapat dan operasional panitia lainnya,” terang Rela, Selasa (9/2/2016).

Selanjutnya ia menambahkan, nantinya akan ada pendaftaran yang tidak akan dibatasi, namun akan terseleksi minimal dua calon kades dan maksimal lima calon kades.


Menurutnya, pembatasan jumlah calon sesuai dengan peraturan yang ada. Semua calon juga harus mengikuti beberapa tes dan tahapan yang diselenggarakan panitia.

”Ada beberapa hal yang akan diprioritaskan dalam seleksi minimal orang yang pernah bekerja di pemerintahan desa beberapa tahun dan berpengalaman,” tambahnya.

(radar cianjur/cr1)