Musim Hujan, Air Minum Langka di Cianjur

pj-air mineral
Air Mineral

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Air mineral kemasan telah menjadi salahsatu produk yang diminum hampir oleh setiap orang. Kehadirannya kini seperti menjadi salahsatu bahan pokok di tengah keseharian masyarakat modern. Pekan pertama musim hujan ini, pasokan air mineral dikeluhkan oleh masyarakat Cianjur, karena berbanding terbalik dengan curah hujan yang tinggi, air mineral malam kemasan galon malah susah didapat.

Kelangkaan ini di pihak lain membuat depot-depot air isi ulang mengalami peningkatan pembeli, seperti depot yang dimiliki oleh Yani di Kompleks Pesona Cianjur Indah, Nagrak, Kecamatan Cianjur, Yani (40), mengatakan bahwa ia sudah menjalani usahanya sejak tahun 2015 lalu, dan keterbatasan pasokan air mineral kemasan galon belakangan ini menjadi hal yang amat menguntungkan, omzet yang ia dapat bertambah, lebih dari biasanya.

“Dalam kurun waktu dua hari, biasanya orang yang isi ulang air 20 hingga 30 galon. Kini dengan langkanya pasokan, bisa mencapai 40 galon. Alhamdullilah rezeki bertambah, pemasukan serta keuntungan yang saya dapat menjadi lebih dari sebelumnya,” akunya.

Beberapa kalangan menilai, berkurangnya pasokan air mineral kemasan ini bisa mempengaruhi kepercayaan masyarakat yang sudah lama menggunakan merk tertentu, terutama yang sudah lama mempercayai merk tersebut sebagai air minum harian mereka.


Heri Hermayawan, salahseorang karyawan Toko Salam Lestari, mengungkapkan, kelangkaan produk air mineral seperti ini sebetulnya tidak aneh, karena memang setiap tahunnya biasa terjadi.

“Toko disini juga yang biasanya tiap hari dapat pasokan 50 buah galon, kini hanya 30. Dari pihak agen yang biasanya setiap hari membawa dua mobil truk tronton untuk Cianjur, saat ini cuma satu tronton, wajar kalau susah didapat,” ujarnya.

Meski demikian, Heri menyayangkan kelangkaan ini, padahal yang ia tahu di Gekbrong ada sebuah perusahaan air mineral yang cukup besar.

“Yang di Gekbrong tidak mengirim untuk Cianjur, malah mengirim keluar. Mereka hanya memasok air mineral yang di dus. Padahal seharusnya perusahaan air yang di Gekbrong mensuplai air untuk wilayah Cianjur, agar pengusaha kecil atau besar yang menjual tidak susah mendapatkan barangnya,” harap Heri.

(radar cianjur/cr2)