Awas! Ada ‘Kolam Lele’ di Tengah Jalan Raya Cianjur-Sukabumi

BAHAYA: Salahsatu lubang di tengah badan Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, ditandai oleh warga dengan tanda peringatan seadanya, untuk mencegah kembali terjadinya korban kecelakaan lalulintas di jalan ini.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Kurang dari 3 bulan setelah diperbaiki dengan cara penambalan, Jalan Raya Cianjur-Sukabumi saat ini sudah mengelupas aspalnya dan menjadi banyak berlubang yang digenangi air ketika turun hujan.

Dari hasil pantauan pada Senin (08/02/2016) kemarin, kondisi jalan yang tetap buruk setelah penambalan itu bisa terlihat di wilayah Desa Songgom, Kecamatan Gekbrong. Kerusakan kembali jalan dalam bentuk lubang-lubang ini, dikhawatirkan akibatnya dapat membahayakan pengguna jalan, terutama pengguna kendaraan roda dua.

Kerusakan jalan akses Cianjur-Sukabumi tersebut dipicu oleh banyaknya genangan air di jalan pada saat hujan, yang diperparah dengan banyaknya truk bertonase besar yang melintas.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, warga setempat berinisiatif untuk memasang poster peringatan bagi para pemakai jalan. Tulisan itu terpasang ditengah jalan yang berlubang dengan pringatan provokatif yang mengingatkan warga bahwa di jalan tersebut banyak terdapat kolam lele.


Samsudin (35), warga setempat, mengatakan bahwahampir setiap hari dirinya melewati jalan akses Cianjur-Sukabumi, sehingga tahu persis perkembangan kondisi jalannya.

“Jalan ini baru diperbaiki sekitar 3 bulan yang lalu dengan dengan cara ditambal, tapi saluran air di kanan kirijalan tidak diperbaiki. Kalau hujan air, menggenang dan aspalnya cepat mengelupas,” katanya.

Ahmad (30), warga lainnya mengatakan bahwamusim hujan akan mempercepat kerusakan jalan tersebutkarena genangan airnya tidak pernah surut, sehingga sejumlah lubang di jalan itu terlihat semakin melebar.

“Sepertinya pembangunan jalan ini dilakukan setengah hati, hanya ditambal. Seharusnya dibeton agar lebih tinggi dari permukaan tanahnya, sehingga air tidak menggenang lagi di jalan,” katanya.

(radar cianjur/dil)