Ralat! Cipanas Bukan Wilayah Bogor

LIBURAN: Sejumlah wisatawan tampak asyik selfi bareng di kawasan wisata Taman Bunga Nusantara (TBN). FOTO: FARHAAN M RIDWAN/RADAR CIANJUR
LIBURAN: Sejumlah wisatawan tampak asyik selfi bareng di kawasan wisata Taman Bunga Nusantara (TBN). FOTO: FARHAAN M RIDWAN/RADAR CIANJUR
Taman Bunga Nusantara di Cianjur

POJOKJABAR.com, CIANJUR- Wilayah Cipanas, Pacet, dan Sukaresmi hingga kini santer masih disebut masuk wilayah Bogor oleh berbagai media. Padahal faktanya wilayah Cianjur utara berada di wilayah Kabupaten Cianjur.

Ketua Gerakan Masyarakat Cianjur Utara Solihin mengaku, tersinggung dengan pemberitaan yang menyebutkan objek wisata Taman Bunga dan Istana Kepresidenan RI masuk wilayah Bogor.

“Faktanya, Cipanas, Pacet, atau Sukaresmi ini bukan wilayah Bogor. Tapi Cianjur. Pemberitaan itu salah besar dan membuat kami tersinggung,” tegasnya.

Menurutnya, pemberitaan yang menyebutkan wilayah Cianjur Utara masuk Bogor, bisa berdampak negatif terhadap aspek psikologi, sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Pasalnya, masyarakat luas akan mengenal berbagai obejk wisata di Cipanas, Pacet, dan Sukaresmi ini milik Bogor.


“Keberadaan objek wisata dan tempat kenegaraan seperti Istana Cipanas ini menjadi kebanggaan wilayah kami sebagai masyarakat Cianjur,” ujarnya.

Solihin meminta media massa yang sudah memberitakan agar mengklarifikasi ulang lokasi objek wisata dan vital yang berada di wilayah Cipanas, Pacet, dan Sukaresmi.

“Istana Cipanas, Kebun Raya Cibodas, Kota Bunga, Taman Bunga, TNGGP itu lokasinya bukan di Bogor, melainkan di Cianjur. Kami mendesak agar segera diluruskan,” ungkapnya.(fhn/dep)