Bahasa Asing Kunci Sukseskan MEA

Masyarakat-Ekonomi-Asean-Tantangan-Indonesia-2015 MEA

POJOKJABAR.com, CIANJUR- Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir tahun ini, pendidikan bahasa asing dinilai akan menjadi kunci kesuksesan MEA di Cianjur.

Sekretaris Disdik Cianjur Juma’ti mengatakan, MEA akan meleburkan batas diantara warga Asean untuk bisa berkarir, berbisnis, menempuh pendidikan di sesama negara Asean. Bahkan banyak kawasan di Indonesiatengah bersiap-siap menghadapi arus globalisasi yang datang dari sesama negara Asean, baik berupa investor, turis dan lainnya.

“Perlu dipersiapkan banyak hal, dan bahasa asing dinilai menjadi hal yang paling krusial dalam mensukseskan MEA di Cianjur. Mengingat bakal banyak orang asing yang datang ke sini (Cianjur),“ katanya.


Pendidikan bahasa asing menjadi penting dikarenakan masih rendahnya pemahaman bahasa asing di Cianjur. Padahal dengan adanya MEA, ada kemungkinan datangnya para investor dari negara-negara tetangga.

Di Cianjur sendiri banyak bahasa asing yang sudah mulai dipelajari, baik dari jenjang SD yang sudah mulai belajar bahasa Inggris dasar, lalu SMP dan SMA yang bertambah dengan bahasa Jerman, Jepang, Mandarin dan Arab.

“Dengan pendidikan bahasa asing yang mumpuni, diharapkan bisa menjadi modal yang bagus untuk Cianjur dalam menyambut MEA ke depannya,” tukas Juma’ti.(mg3/dep)