Waspadai Cuaca Ekstrim, Jemaah Haji Diminta Konsumsi Ini

Rombongan Calhaj Cianjur
Rombongan Calhaj Cianjur
Rombongan Calhaj Cianjur

POJOKJABAR.id, CIANJUR– Tim medis jemaah haji Cianjur himbau para jemaah haji agar mewaspadai cuaca ekstrim di Timur Tengah. Menyusul suhu udara mencapai 43-46 derajat celcius.

Kepala Puskesmas Sukanagalih Agus Suhendar mengatakan, sebagai petugas yang dipercaya menjadi tim medis, pihaknya tak henti-henti akan terus menghimbau para jemaah haji agar selalu waspada akan cuaca ekstrim selama berada di Mekah.

“Saya berangkat ke Timur Tengah pada 9 September mendatang,” katanya.

Menurutnya, berbagai penyakit harus diwaspadai. Apalagi suhu udara di Timur Tengah semakin ekstrim. Bahkan hingga kini suhu udara disana mencapai 43-46 derajat celsius. Apabila suhu udara tinggi, maka para jemaah haji rawan terkena penyakit heat stroke, yang akan mengakibatkan jamaah haji langsung tidak sadarkan diri.


“Ini (cuaca ekstrim) harus diwaspadai, jangan sampai jemaah haji mengesampingkan kondisi tubuhnya,” tuturnya.

Menurutnya, selama berada di Timur Tengah, para jemaah haji diharapkan sering mengkonsumsi makanan berserat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin c tinggi dan b komplex.

Kemudian, calon jemaah haji jangan sampai dekat dengan hewan unta, karena hewan tersebut diduga kuat merupakan salah satu hewan penyebar virus mers.

“Saat ini di Arab Saudi sudah ada beberapa orang yang meninggal akibat mers, sehingga kewaspadan jamaah haji harus diitngkatkan,” tukas Agus.

Ditambahkannya, tim medis y6ang berjumlah tujuh orang akan terus mengawal dan memantau kesehatan para jemaah asal Cianjur.

“Jemaah haji asal Cianjur yang paling muda berusia 21 tahun, dan yang paling tua berusia 86 tahun,” ungkapnya.(fhn/dep)