Setiap Calon Dapat 31 Hari Kampanye

Pasangan calon bupati dan wakil bupati saat menunjukan nomor urut mereka.
Pasangan calon bupati dan wakil bupati saat menunjukan nomor urut mereka.
Pasangan calon bupati dan wakil bupati saat menunjukan nomor urut mereka.

POJOKJABAR.id, CIANJUR-Masa kampanye Pilbup Cianjur 2015 yang akan dihelat pada 9 Desember 2015 mendatang itu, secara resmi dimulai sejak kemarin, Kamis (27/8/2015).

Adapun kampanye kali ini berlangsung lebih lama hingga yakni hingga 5 Desember 2015. Untuk mengisi jenjang waktu kampanye, seluruh pasangan calon bersepakat berkampanye bergiliran. Setiap kandidat akan mendapat kesempatan 31 hari berkampanye.

“Total ada 101 hari kampanye, tapi dikurangi 11 hari karena pada rentang tersebut ada hari besar keagamaan dan hari libur yang tidak boleh digunakan kampanye. Jadi kalau dihitung setiap pasangan mendapat 31 kali kampanye,” ujar Divisi Sosialisasi KPU Cianjur, Hilman Wahyudi.

Kampanye kali ini, terang Hilman, tidak mengatur adanya penyampaian visi-misi pasangan calon di hadapan anggota dewan. Untuk itu, kata dia, sebagai langkah awal kampanye hari pertama hanya akan diisi pemasangan alat peraga kampanye yang disediakan KPU.


“Kegiatan ini bersama-sama seluruh pasangan. KPU yang memasang di titik yang tidak menyalahi aturan dengan didampingi tim sukses masing-masing,” kata dia.

Meski masa kampanye telah dibuka namun tidak semua kegiatan dapat dilakukan pasangan. Dalam rentang kampanye panjang ini, pasangan calon tidak diperkenankan menggelar rapat umum yang mengundang massa lebih dari 1.000 orang. Pasangan pun belum diperbolehkan memasang iklan dalam bentuk apapun di media massa, baik elektronik maupun cetak sebelum 14 hari jelang berakhirnya masa kampanye.

“Jika ada yang melanggar berarti menyalahi aturan. Itu ada di PKPU Nomor 7 Tahun 2015,” pungkas Hilman.(ruh/dep)