Waspada! Penipuan Melalui Beasiswa Pendidikan

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKJABAR.id, CIANJUR- Masyarakat Kabupaten Cianjur harus waspada terhadap modus penipuan berkedok beasiswa prestasi. Baru-baru ini salah seorang wali siswa SMKN 1 Cipanas nyaris menjadi korban.

Kepala SMKN 1 Cipanas Ida Yuniati Surtika menjelaskan, beberapa waktu lalu pihaknya berhasil menggagalkan upaya percobaan tindakan penipuan kepada siswa.

“Beberapa waktu lalu ada orang tua siswa yang laporan kepada kami. Bahwa anaknya mendapatkan beasiswa. Padahal nyatanya kami tidak memberikan beasiswa,” jelasnya.

Dikatakannya, setelah diusut, korban mengetahui mendapatkan beasiswa setelah mendapat telefon dari orang yang tidak dikenal.


“Dalam telefon orang tua siswa itu dimintai uang. Untungnya korban tidak langsung percaya dan menanyakan terlebih dahulu kepada kami,” katanya.

Diakuinya, tindakan oknum tak bertanggung itu sangat meresahkan. Oleh karenanya, kami mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada.

“Anehnya pelaku bisa mengetahui siapa saja siswa yang lulus dan nomor hp orang tuanya,” ujarnya.

Menurutnya, kasus dengan modus berkedok beasiswa prestasi bukan hanya terjadi dan menimpa siswa SMKN 1 Cipanas, karena sebelumnya pernah menimpa orang tua siswa SMA sederajat lainnya di Cianjur.

“Modus penipuan melalui beasiswa pendidikan sangat meresahkan. Kami imbau, jika ada informasi seperti ini, cek dulu kebenaraannya,” ungkapnya.(fhn/dep)