Disdik Akui E-Learning Hadapi Kendala

Siswa SMA serius belajar di lab komputer
Siswa SMA serius belajar di lab komputer
Siswa SMA serius belajar di lab komputer

POJOKJABAR.id, CIANJUR– Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cianjur mengakui sudah membagikan fasilitas program E-Learning secara merata ke setiap kecamatan. Khususnya SMP dan SMA yang yang berlokasi di ibukota kecamatan.

“Fasilitas komputer dan jaringan internet udah kita kasih ke sekolah-sekolah di setiap kecamatan. Apalagi yang satu-satu itu, SMP 1 daerah mana, itu sudah kita kasih,“ aku Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Jum’ati.

Diakuinya, penerapan program E-Learning masing menghadapi beberapa kendala terutama dalam penggunaan dan perawatannya, karena kalau fasilitas tersebut sudah diberikan terhadap sekolah, sepenuhnya menjadi tanggung jawab sekolah.

¨Yang jadi masalah biasanya itu yang di daerah. Biasanya listrik mereka belum kuat, sedangkan komputer kan listriknya nyedot, akhirnya si listrik sering mati dan jatohnya malah merusak komputer,” ujarnya.


Dijelaskannya, teknis pembelajaran program E-Learning sepenuhnya diserahkan terhadap sekolah. Tujuannya agar pihak sekolah mempunyai tanggung jawab.

“Untuk guru, kita sudah kasih banyak pelatihan mengenai E-Learning, (pelatihan) ini juga sudah jadi standar buat semua guru. Jadi semua guru harus sudah bisa memakai komputer dan internet,“ ungkapnya.(mg3/dep)