Karena Ini Warga Empat Kampung Kesulitan Air Bersih

kekeringan
Ilustrasi Kekeringan
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKJABAR.id, CIANJUR- Sebanyak 400 KK di Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang kesulitan air bersih. Akibat semakin meluasnya kekeringan.

Kepala Desa Cirumput Beni Irawan menjelaskan, sekitar 400 KK yang tersebar di empat kampung di Desa Cirumput sulit mendapatkan air bersih. Jumlah tersebut bertambah dari sebelumnya 300 KK naik menjadi 400 KK.

“Meskipun di desa kami terdapat sumber mata air, dan sudah lama menjadi pasokan utama air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cianjur. Namun nyatanya warga kami malah yang menderita,” jelasnya.

Dijelaskannya, empat kampung yang kesulitan air bersih yakni Kampung Garung, Kampung Lebak Saat, Kampung Tugu dan Kampung Barulega.


“Sumber airnya sangat terbatas, sehingga warga terpaksa harus mengantri. Bahkan sebagian warga kini mengandalkan bantuan dari perusahaan sekitar saja,” jelasnya.

Menurutnya, berbagai upaya sudah dilakukan untuk mengatasi kekeringan, seperti melalui dopping yang bekerja sama dengan perusahaan terdekat.

“Kami bersyukur ada perusahaan yang membantu menyalurkan air bersih dengan mobil tangki,” tuturnya.

Agus (30) warga Desa Cirumput menambahkan, stok air di Cirumput terpantau mulai habis karena banyak dimanfaatkan untuk aliran PDAM. Sedangkan PDAM sendiri mengambil air untuk mengaliri masyarakat yang berada di areal perkotaan Cianjur.

“Warga Cirumput saat ini kesulitan air. Kami hanya bisa berharap agar pemerintah bisa segera mengatasinya. Pasalnya setiap musim kemarau selalu seperti ini,” ungkapnya.(fhn/dep)