Pola Pikir Pemkab Dinilai Lemah

DPRD Cianjur
DPRD Cianjur
DPRD Cianjur
DPRD Cianjur

POJOKJABAR.id, CIPANAS– Pimpinan Muslim Enterpreneur Academy (MEA) Yedi Jupriadi menilai daerah Cianjur saat ini sulit untuk maju, baik dalam segi ekonomi maupun pelayanan publik. Kalau pola pikir pemerintah tidak diubah.

“Pemerintah itu sebagai pengayom masyarakat atau abdi negara, selama ini nampak berpusara kepada materi dan jabatan. Sehingga pelayanan tidak prima,” kata Yedi.

Menurutnya, mereka seharusnya bisa merubah mind set, pasalnya mengembangkan perekonomian masyarakat sudah menjadi kewajiban pemerintah. Oleh karenanya mereka harus lebih proaktif melayanani masyarakat dan bukan menunggu.

“Jika seperti ini terus Kabupaten Cianjur bisa tertinggal dengan kabupaten lainnya,” ujarnya.


Dijelaskannya, pemerintah sebenarnya tidak sulit untuk memajukan perekonomian masyarakat selama mereka masih memiliki kemauan, seperti merubah sistem dan pola pikir.

“Jangan sampai mereka terlalu nyaman bekerja demi mengejar jabatan, sehingga pencapaian target untuk masyarakat tidak jelas,” jelasnya.

Yedi mengatakan, masyarakat secara umum membutuhkan arahan pemerintah yang real dan ikhlas. Bukan hanya sosialisasi untuk proyek dan kepentingan politik semata.

“Jangan sampai masyarakat hanya menjadi korban politik dan kepentingan proyek,” katanya.

Ditambahkannya, sekarang yang terpenting adalah siap atau tidak siap, pemerintah kabupaten dituntut merubah pola pikir. Kemudian, jika Cianjur mau maju harus frontal, jika tidak igin tertinggal.

“Namun patut diingat, semua bermuara kepada pemimpin yang baik. Seorang pemimpin harus tau kondisi dari bawah dan benar-benar diimbangi dengan kinerja yang baik,“ ungkapnya.(fhn/dep)