Ajaran Baru, Waspada Penculikan Anak

Siswa SD di Purwakarta (ilustrasi)./Foto: Istimewa
Siswa SD di Kabupaten Purwakarta kini wajib melaporkan harta kekayaannya.
Ilustrasi

POJOKJABAR.id, CIANJUR-Tahun ajaran baru di tingkat RA, PAUD dan SD sederajat perlu menjadi perhatian serius segenap pihak. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cianjur pun turut menegaskan imbauan kepada setiap orangtua untuk memantau pergerakan dan aktifitas anak.

“Tahun ajaran baru jangan dianggap remeh khususnya bagi anak yang baru masuk sekolah atau naik tingkat ke Sekolah Dasar (SD),” imbau Kepala Disdik Kabupaten Cianjur, Cecep Alamsyah kepada Radar Cianjur (Grup Pojoksatu).

Ia menjelaskan, anak pada usia yang sangat dini dinilai mudah terbujuk dan terpengaruh kendati berbicara atau bertemu dengan orang asing yang baru ditemuinya. Dunia yang ceria tanpa pengalaman yang matang kerap menjadi kesempatan sejumlah pelaku tindak kejahatan.

Untuk mewaspadainya, Kadis mengimbau, orangtua menggencarkan pengawasan saat mengantar anak ke sekolah. Artinya, orangtua tak hanya sekedar mengantarkan saja namun juga turut memantau anak di sekolah.


“Biasanya kalau ibu-ibu itu asik ngobrol. Boleh saja mengobrol tapi tetap pantau kegiatan anak,” paparnya. Salah satu trik lainnya dengan mempererat hubungan dan komunikasi dengan pihak sekolah yaitu guru dan kepala sekolah.

Di lain sisi, apabila sedang berpergian di luar sekolah seharusnya orangtua meningkatkan pengawasan. Sebagai contoh, apabila sedang berbelanja atau berwisata sebaiknya orangtua melakukan pengawasan khusus.

Menurutnya, kejahatan lebih sering terjadi apabila korban kerap lengah. “Wajib waspada, itu saja. Apalagi kalau sedang berpergian ke tempat yang ramai,” saran Kadis. (yaz/dep)