Tunggu Realisasi Program Kemendagri

Warga mengurus data kependudukan di Kantor Dispendukcapil
Warga mengurus data kependudukan di Kantor Dispendukcapil
Warga mengurus data kependudukan di Kantor Dispendukcapil

POJOKJABAR.id, CIANJUR-Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencanangkan program generasi Nomor Induk Kependudukan (NIK). Artinya, semua perencanaan pembangunan ke depan memanfaatkan data NIK yang memuat data-data kependudukan seluruh warga negara baik anak-anak maupun dewasa.

Program itu pun mendapat apresiasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur.

“Apabila memang sudah ada, kami tunggu dan kami siap segera merealisasikan program itu,” ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Mochamad Ginanjar.

Ia menjelaskan, NIK merupakan program pemerintah yang mencakup semua elemen usia. Sementara ini, data identitas kependudukan hanya mencakup Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk orang dewasa pada usia 17 tahun.


Nah, pada pencanangkan program NIK, anak yang baru lahir pun akan memiliki nomor identitas kependudukan bahkan saat anak baru lahir.

“Ke depan, KTP tak saja sebatas pada kelompok warga dewasa, tetapi juga anak-anak mulai usia 0 tahun,” ungkapnya kepada Radar Cianjur (Grup Pojoksatu).

Kendati belum mengetahui secara pasti, namun Ginanjar memaparkan, NIK yang dimiliki anak akan memiliki ragam manfaat. Sebagai contoh, apabila anak hendak masuk atau mendaftarkan diri ke suatu sekolah, maka sekolah akan menggunakan fasilitas NIK yang dimiliki anak.

Dalam contoh yang lain, selain di bidang pendidikan, NIK juga akan memiliki manfaat di bidang kesehatan.

“Mungkin nanti kalau berobat sudah ada nomor kependudukannya juga,” papar Kadis. (yaz/dep)