KPUD Cianjur Tetapkan Tiga Pasangan Bertempur di Pilkada

pilkadaPOJOKJABAR.id, CIANJUR- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Cianjur, akhirnya menetapkan tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati pada pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Cianjur, Senin (24/8/2015). Penetapan ketiga pasangan tersebut melalui rapat pleno di kantor KPUD Cianjur yang hanya dihadiri oleh dua pasangan claon yakni pasangan calon Irvan Rivano Muchtar- Herman Suherman dan pasangan Suranto-Aldwin Rahadian (Oki). Sedangkan pasangan dari jalur perseorangan Deny Sunarya-Zaini Hamzah hanya dihadiri wakilnya Zaini Hamzah.

Berdasarkan Keputusan KPU Cianjur Nomor: 32/Kpts/KPU.Kab-011.329996/2015 menetapkan tiga pasangan bakal calon menjadi calon dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Cianjur tahun 2015. Mereka adalah pasangan dari jalur perseorangan Denny Sunarya-Zaini Hamzah, pasangan H. Suranto-Aldwin Rahadian (PDIP, Nasdem, Gerindra, Hanura, PPP, PAN, PKS dan Demokrat) dan pasangan Irvan Rivano Muchtar-H. Herman Suherman.

Sidang pleno yang berjalan tertutup tersebut hanya berlangsung sekitar 20 menit. Tidak ada tanggapan baik dari pasagan calon bupati dan wakil bupati maupun dari Bawaslu Provinsi dan Panwas Kabupaten yang hadir di ruangan rapat pleno.

Menurut Komisoner KPU Cianjur, Hilman Wahyudi setelah tahapan penetapan calon bupati dan wakil bupati, tahapan selanjutnya yang harus dilaksanakan adalah pengundian nomor urut pasangan calon. Kedua tahapan itu tidak bisa dilaksanakan dalam satu waktu.


“Berdasarkan aturan penetapan dan pengundian calon itu tidak bisa dilakukan dalam satu hari yang sama. Selasa (25/8/2015) besok, kita akan lakukan tahapan pengundian nomor pasangan calon. Kita akan lakukan pada waktu yang tidak jauh berbeda dengaan rapat pleno,” kata Hilmaan ditemui seusai mengikuti rapat pleno.

Hilman menegaskan, dalam tahapan pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati diperbolehkan membawa pendukungnya maksimal 50 orang. (glm/dea)