Awas Black Campaign!

ilustrasi PILKADA
ilustrasi PILKADA
ilustrasi PILKADA

POJOKJABAR.id, CIANJUR-Penetapan pasangan calon yang bakal bertarung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015 bakal dilaksanakan hari ini.

Kapolres Cianjur, AKBP Asep Guntur Rahayu mengimbau semua pihak terutama para pendukung dan simpatisan masing-masing pasangan calon untuk bersikap bijak dan menahan diri, pria yang semasa berdinas sebagai penyidik di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu disapa Asep Batik, meminta kepada media massa baik elektronik maupun cetak untuk ikut menjaga suasana dan kondusifitas.

Pasalnya, ketika media massa memberitakan sebuah pemberitaan yang menyinggung atau berpotensi memantik reaksi salah satu pasangan calon maupun pendukungnya, bisa saja menjadi pintu masuk ke dalam suasana yang kian memanas. Ujung-ujungnya, lanjut dia, konflik dan gesekan pun tidak akan terhindarkan.

“Karena itu, kami pun meminta dengan sangat untuk selektif dan tetap berimbang dalam pemberitaan, khususnya berkenaan dengan pasangan calon. Karena itu sangat rentan,” jelas Asep.


Meski begitu, pihaknya sangat menjamin kebebasan pers sebagaimana yang diatur di dalam perundangan dan hukum yang berlaku. Bahkan, Asep memastikan, jika memang ada media massa atau awak medianya mendapatkan ancaman, maka pihaknya akan memberikan perlindungan penuh.

“Jangankan media massa, masyarakat saja kami jamin kemanannya dan kami lindungi. Jadi tidak usah takut kalau memang pemberitaan itu benar,” tegas dia.

Lebih lanjut, Asep menuturkan, berkenaan dengan black campaign (kampanye hitam, red) yang sengaja dihembuskan oleh orang-orang atau oknum yang tidak bertanggungjawab, pihaknya pun tidak akan tinggal diam. Selama hal itu bisa dibuktikan, maka tidak ada alasan bagi pihak kepolisian untuk tidak membawanya ke ranah hukum.

“Kami berharap semoga tidak ada yang seperti itu (black campaign, red). Tapi kalau memang ada, laporkan saja kepada kami. Apalagi jika itu menyangkut keamanan dan ketertiban. Saya tegaskan, pilkada Cianjur harus aman, tertib dan berjalan tanpa ada kecurangan,” pungkas Asep.(ruh/dep)