Setahun, 2500 PNS Cianjur Naik Pangkat

LIBUR PANJANG: Sealama Lebaran para PNS Bogor mendapat jatah libur enam hari. PNS yang menambah libur akan dipotong TKD.
LIBUR PANJANG: Sealama Lebaran para PNS Bogor mendapat jatah libur enam hari. PNS yang menambah libur akan dipotong TKD.
Ilustrasi

POJOKJABAR.id, CIANJUR-Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Cianjur yang tergabung dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Cianjur direncanakan akan mendapat kenaikan pangkat pada Oktober 2015 mendatang.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cianjur, sedikitnya terdapat 15 ribu PNS yang tersebar di seluruh kawasan Kabupaten Cianjur memiliki latar belakang profesi dan latar belakang pendidikan yang bervariatif, mulai dari bidan, guru, serta sejumlah aparatur lainnya.

Hal tersebut diterangkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Mutasi, BKPPD Kabupaten Cianjur, Enah Rasmanah. Dirinya yang sudah empat tahun bekerja di bidang mutasi BKPPD Kabupaten Cianjur tersebut menerangkan, terdapat dua macam kenaikan pangkat, yakni kenaikan pangkat reguler dan kenaikan pangkat pilihan.

Untuk kenaikan pangkat reguler di kabupaten Cianjur sendiri didominasi kalangan guru golongan III. Rata-rata dari 2000 hingga 2500 PNS Kabupaten Cianjur mendapat kenaikan pangkat tergantung jenjang pendidikannya masing-masing.


“Kenaikan tersebut bisa diajukan empat tahun sekali. Sementara untuk kenaikan pangkat pilihan, biasanya dilaksanakan lebih dari dua tahun sekali, itupun apabila sudah memenuhi syarat,” terang Enah yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (21/8/2015).

Enah menambahkan, terkait prosedur penaikan pangkat, dirinya mengacu pada aturan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini adalah Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Kenaikan pangkat itu bukan hak PNS, tetapi merupakan sebuah penghargaan atas prestasi dan kinerjanya,” imbuhnya.

Ia memaparkan, kenaikan tidak bisa sembarangan karena ada beberapa peraturan dan persyaratan yang harus ditempuh PNS. Dari mulai kelengkapan Surat Keputusan (SK) PNS hingga pengajuan dari atasan di masing-masing OPD.
“Berdasarkan peraturan BKN, kenaikan pangkat dilaksanakan pada bulan April dan bulan Oktober,” papar Enah.

Informasi yang dihimpun, sedikitnya 1000 PNS memperoleh kenaikan pangkat pada April 2015. Sementara untuk Oktober 2015 mendatang, sejumlah persyaratan dan pengajuan kini tengah diproses di bidang mutasi, BKPPD Kabupaten Cianjur.

“Untuk bulan Oktober belum ada jumlah pasti, beberapa persyaratan masih kami proses,” kata Enah sambil menunjukan beberapa berkas dan dokumen yang tengah diurusi oleh beberapa aparaturnya.

Sementara itu, Kepala BKPPD Kabupaten Cianjur, Cecep Sobandi mengimbau kepada para PNS agar segera melengkapi beberapa persyaratan serta kelengkapan administrarif secepatnya ke pihak BKD Kabupaten Cianjur sebelum bulan Oktober 2015 mendatang.

“Kami sudah proaktif mengingatkan kepada tiap-tiap OPD untuk segera melengkapi berkas persyaratannya. Untuk PNS yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh perlu ada penghargaan, salah satunya dengan kenaikan pangkat ini. Tapi beberapa persyaratan perlu dipenuhi terlebih dahulu,” tutur Cecep yang juga ditemui Radar Cianjur (GRup Pojoksatu) di ruang kerjanya.

Cecep berharap agar sejumlah persyaratan tersebut dapat dipenuhi tepat waktu.
“Kalau semuanya sesuai prosedur, disiplin dan tepat waktu, pasti akan memudahkan kami untuk melakukan tugas kami sebaik mungkin,” harapnya. (cr2/dep)