Panwascam Ajak Masyarakat Awasi Pilkada

ilustrasi PILKADA
ilustrasi PILKADA
ilustrasi PILKADA

POJOKJABAR.id, CIANJUR – Dalam mengawal gelaran pesta demokrasi yang momen penting dan bersejarah di ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cianjur, peran warga untuk turut serta sangat diperlukan dan merupakan hal yang penting sekali. Masyarakat dihimbau untuk turun serta melakukan pengawasan, dan tidak hanya bertindak sebagai peserta saja. Hal ini disampaikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Sukaluyu, saat melakukan sosialisasi kepada warga, untuk bersama-sama memantau jalannya proses Pilkada.

Ketua Panwascam Sukaluyu, Cece, kepada Radar Cianjur (Grup Pojoksatu) menyampaikan bahwa setiap Panwascam sudah seharusnya menyediakan ruang laporan dan aduan warga, dalam mengawasi jalannya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

“Mengacu kepada prosedur yang disosialisasikan Panwaskab (Panitia Pengawas Kabupaten—red), dalam mekanisme kerjanya, Panwascam seharusnya bekerjasama dengan para PPL (Pengawas Pemilu Lapangan—red) dimasing-masing desa, dan segenap elemen lapisan masyarakat tanpa terkecuali,” paparnya, hari Jumat (21/8/2015).

Sejauh ini menurutnya belum ada aduan ataupun laporan dari oleh warga, namun bukan menutup kemungkinan untuk adanya laporan, hanya saja warga masih banyak yang belum mengetahui mekanismenya.


“Maka dari itu, kami melakukan sosialisasi dalam setiap kesempatan, baik dalam forum resmi, maupun langsung kepada warga melalui petugas Panwascam.” Bebernya.

Menurutnya, koordinasi dan konsolidasi dengan warga memang diperlukan dalam mengawal Pilkada 2015 nanti, karena hal tersebut juga merupakan bagian dari penilaian kinerja Panwascam dalam menggali informasidan pengawasan.

“Seluruh elemen warga yang ada, kami ajak bekerjasama dalam memantau berjalannya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.” Ujar Divisi Hukum Panwascam Sukaluyu, Magpur, kepada Radar Cianjur.(mat/dep)