Pakan Ayam Mahal, Peternak Kewalahan

Ilustrasi :Rumah unggas
Ilustrasi :Rumah unggas
Ilustrasi 

POJOKJABAR.id, CIANJUR – Beberapa orang pengusaha peternakan ayam pedaging di Kecamatan Karangtengah, mengeluhkan naiknya harga pakan ayam, yang berimbas besar terhadap harga jual ayam ras yang diternakkan untuk dijual di pasar.

Hal ini seperti yang dituturkan olehWawan (30), salahseorang pekerja di peternakan ayam yang berlokasi di Desa Babakancaringin, Kecamatan Karangtengah. Menurutnya, saat ini hal yang menjadi kendala besar bagi para peternak ayam adalah harga pakan ayam yang melonjak. Hal ini mengakibatkan harga jual ayam di pasar-pasar pun menjadi mahal.

“Yaakibatnya pedagang ayam yang kami suplai untuk sementara waktu menolak, karena harganya naik.” Ujarnya kepada Radar Cianjur (Grup Pojoksatu), Jumat (21/8/2015) kemarin.

Harga ayam perekornya kini bisa mencapai Rp30 ribu, dan hal ini membuat para pedagang kesulitan untuk menjualnya. Dan ini ditunjukkan dengan berkurangnya angka pembeli daging ayam di pasar.


“Para pedagang sekarang menahan pengiriman untuk sementara.” Kata Budi (25), pekerja peternakan ayam lainnya.

Budi menerangkan, untuk menyiasati kenaikan harga pakan, para peternak ayam sementara mengambil langkah solutifdengan mengganti pakan ayam, dengan produk yang bukan biasa mereka beli.

“Sementara ini kami memanfaatkan pakan ayam yang murah dan kualitas biasa, bukan yang biasa kami beli secara khusus untuk pakan jenis ayam ras atau broiler.” Pungkasnya.(mat/dep)