Waspada Kecurangan, Minta Ormas dan LSM Kawal Pilkada

pilkada
ilustrasi
ILLUSTRASI
ILLUSTRASI

POJOKJABAR.id, CIANJUR-Sekretariat Nasional Jaringan Organisasi Komunitas Warga Indonesia (Seknas Jokowi) Cianjur menilai, peran serta elemen masyarakat terutama LSM, Ormas dan OKP dalam mengawal Pilkada Cianjur tidak ada. Hal itu yang mengakibatkan dinginnya suhu politik, sehingga penyelenggara kurang mendapatkan pantauan.

”Peran dari LSM atau organisasi masyarakat lainnya itu penting dalam mengawal Pilkada. Makanya sekarang persiapan Pilkada itu adem ayem ya itu, karena kurangnya yang memantau,” ucap pengurus Seknas Jokowi Cianjur, Ridwan.

Menurut Ridwan, jika pantauan dari elemen masyarakat kurang, maka akan memberikan peluang kepada pihak-pihak tertentu, untuk melakukan kecurangan-kecurangan.

”Sebagai bagian dari elemen masyarakat, sudah seharusnya kita mengawal. Supaya tidak ada kesempatan pihak tertentu melakukan kecurangan,” ujarnya.


Ketua LSM Kompac Dedi Mulyadi menuturkan, minimnya peran serta LSM atau Ormas lainnya dalam penyelenggaraan Pilkada, mungkin dikarenakan masing-masing LSM atau Ormas memiliki jagoan. Sehingga lebih mementingkan jagoannya, ketimbang proses Pilkada secara keseluruhan.

”Saya rasa masing-masing LSM punya jagoan di Pilkada ini. Makanya tidak mengawal penyelenggaraan secara keseluruhan,” ucap pria yang akrab disapa Dedi Toser ini.

Dedi juga menilai pentingnya setiap lapisan masyarakat untuk sama-sama memantau Pilkada Cianjur, supaya dihasilkan Pilkada berkualitas.

”Ya tentu pantauan masyarakat penting. Karena ini menyangkut Cianjur kedepan,” pungkasnya.(jun/dep)