Gawel-Hamzah Lolos Verifikasi Dukungan

LOLOS: Suasana Rapat Pleno verifikasi dukungam bapaslon perseorangan tahap dua yang digelar di aula KPU Cianjur, yang meloloskan cabup dan cawabup Deni Sunarya SH-dr Zaini Hamzah, Kamis (20/8).
LOLOS: Suasana Rapat Pleno verifikasi dukungam bapaslon perseorangan tahap dua yang digelar di aula KPU Cianjur, yang meloloskan cabup dan cawabup Deni Sunarya SH-dr Zaini Hamzah, Kamis (20/8).
LOLOS: Suasana Rapat Pleno verifikasi dukungam bapaslon perseorangan tahap dua yang digelar di aula KPU Cianjur, yang meloloskan cabup dan cawabup Deni Sunarya SH-dr Zaini Hamzah, Kamis (20/8/2015). FOto: Arif/Radar Cianjur

POJOKJABAR.id, CIANJUR-KPU Cianjur memastikan, syarat dukungan bagi pasangan bakal calon (bapaslon) dari jalur non partai politik (independen,red) Deni Sunarya SH-dr Zaini Hamzah, lolos verifikasi dukungan.

Hal itu terungkap dalam Rapat Pleno verifikasi dukungam tahap dua yang digelar di Aula KPU Cianjur, Jalan H Ir Juanda, Selakopi, Kamis (20/8/2015).

Hal ini menandakan bahwa perjuangan panjang tim sukses bapaslon Deni Sunarya SH-dr Zaini Hamzah akhirnya berbuah manis. Karena itu, bapaslon tersebut tinggal menunggu sidang pleno penetapan pasangan calon yang akan digelar pada 24 Agustus mendatang. Dalam rapat pleno verifikasi faktual dukungan tahap kedua tersebut, pasangan yang mengusung tagline Gazpoll itu berhasil menambah 95.927 suara dukungan dari 152 ribu dukungan yang sudah disetorkan ke KPUD Cianjur beberapa waktu lalu.

Adapun jumlah dukungan yang berhasil dikumpulkan oleh Gawel-Hamzah pada verifikasi tahap pertama sebanyak 78.796 suara dukungan. Maka, jika dijumlahkan dengan perolehan jumlah dukungan pada verifikasi tahap kedua, didapatkan total dukungan sebanyak 174.723.


Ketua KPUD Cianjur, Anggy Sofia Wardhani, usai rapat pleno, mengatakan, total jumlah tersebut melebihi jumlah minimal dukungan yang diamanatkan dalam perundangan.

“Jumlah minimal dukungan yang menjadi syarat adalah sebanyak 144.031. Ini sesuai dengan aturan yaitu sebanyak 6,5 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Cianjur,” ujar Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Anggy Shofia Wardany usai rapat pleno di aula KPU Kabupaten Cianjur, Kamis (20/8/2015).

Dari total jumlah dukungan tersebut, kata Anggy, didapatkan dari 31 kecamatan di seluruh Kabupaten Cianjur. Setelah melalui proses verifikasi dan validasi, berhasil dikumpulkan dukungan yang sebanyak 95.927.

“Hanya satu kecamatan yang tidak ada dukungannya pada tahan kedua yakni Kecamatan Campakamulya. Tidak ada suara dukungan yang masuk dari sana,” jelas Anggy

Dengan hasil rapat pleno itu, Anggy memastikan, bahwa bapaslon Gawel-Hamzah dinyatakan lolos verifikasi dukungan. Setelah proses ini, lanjut Anggy, tinggal menunggu hasil pada penetapan mendatang.

“Tinggal penetapan saja. Itu kepastiannya,” imbuh dia.(ruh/dep)