Awas! Bantuan Salah Sasaran

Perbaikan Jalan
Warga Bunisari perbaiki jalan menggunakan dana pencairan dana ADD.
Warga Bunisari, Cianjur perbaiki jalan menggunakan dana pencairan dana ADD.

POJOKJABAR.id, CIANJUR – Organisasi Masyarakat (Ormas) Patriot Nasional (Patron) Kabupetan Cianjur, mengajak semua pihak untuk ikut serta memantau penyaluran program bantuan pemerintah, baik yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN), di beberapa wilayah kecamatan yang ada di Cianjur Selatan. Hal ini dikemukakan karena terdapat beberapa kejanggalan dan dinilai cenderung rawan penyalahgunaan, sehingga bantuan-bantuan tersebut tidak menyentuh masyarakat yang membutuhkannya.

Ketua Patron Cianjur, Fendi Yuda, menegaskan bahwa bantuan yang diberikan melalui beberapa program, yang kucuran dananya berasal dari pemerintah, seharusnya bisa digunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat umum, dan pengaturannya jangan sampai tumpang tindih, sehingga banyak yang mengklaim bahwa bantuan kurang tepat sasaran.

“Ada dana batuan yang dipakai untuk membangun jalan dan lainnya, tetapi pelaksanaannya tidak sesuai dengan juklak-juknis (petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis—red), sehingga pembangunan tidak sesuai dengan anggaran yang diberikan. Ini menimbulkan dugaan ada yang bermain di ranah itu.” Jelas Fendi, Kamis (20/8/2015).

Pembangunan yang dilaksanakan di beberapa desa yang ada di Cianjur Selatan, dengan dana yang berasal dari program bantuan, menurut Patron memang rawan penyelewengan. Hasil penelisikan Patron di lapangan mengindikasikan banyaknya hal-hal yang menimbulkan kecurigaan ketika pekerjaan sudah berpindah dari Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) kepada pihak ketiga.


Bila hal ini memang benar terjadi, menurut Patron, Cianjur akan selalu ketinggalan dari daerah-daerah lain yang ada di Jawa Barat.

“Harus mulai dari kesadaran diri mengenai tanggungjawab dan beban moraljabatan yang diemban. Jangan sampai memanfaatkan momen.” Tutup Fendi, saat ditemui Radar Cianjur (Grup Pojoksatu). (mat/dep)