Meriahkan Agustusan, Pemuda ‘Ngamen’ Depan Toko

KOMPAK: Sejumlah pemuda Kampung Belakang Kulon menggelar 'Ngamen' di depan Toko Multy Jeans untuk menggalang dana, guna memeriahkan HUT KEmerdekaan RI ke-70. FOTO: DEDE SANDI MULYADI/RADAR CIANJUR
KOMPAK: Sejumlah pemuda Kampung Belakang Kulon menggelar 'Ngamen' di depan Toko Multy Jeans untuk menggalang dana, guna memeriahkan HUT KEmerdekaan RI ke-70. FOTO: DEDE SANDI MULYADI/RADAR CIANJUR
KOMPAK: Sejumlah pemuda Kampung Belakang Kulon menggelar ‘Ngamen’ di depan Toko Multy Jeans untuk menggalang dana, guna memeriahkan HUT KEmerdekaan RI ke-70. FOTO: DEDE SANDI MULYADI/RADAR CIANJUR

POJOKJABAR.id, CIANJUR-Banyak cara unik untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-70, seperti yang dilakukan pemuda Kampung Belakang Kulon RW 05 Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas.

Beralasan tidak ingin membebani warga kampung. Sekelompok pemuda berinisiatif melakukan ‘Ngamen’ di depan sebuah toko pakaian untuk menggalang dana.

“Dananya untuk membiayai perlombaan dan acara hiburan warga, dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-70,” kata salah seorang warga, Nandang Saepudin.

Dijelaskannya, ide awal ‘Ngamen’ di depan toko pakaian muncul dari para pemuda yang ingin mengadakan acara perlombaan dan hiburan untuk warga. Karena tidak ingin membebani warga (Memungut sumbangan), akhirnya kami memutuskan untuk mencari dana dengan cara ‘Ngamen’.


“Ngamen sudah berlangsung sejak tujuh hari lalu, Acaranya akan digelar pada 30 Agustus,” jelasnya.

Diakuinya, kegiatan ‘Ngamen’ banyak mendapatkan apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak terutama pemilik toko. Mengingat kegiatan kami tidak mengganggu para pejalan kaki dan arus lalu lintas.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Toko Multy Jeans dan Multy Kid’s yang telah merelakan tempatnya untuk dijadikan tempat ‘Ngamen’ dalam rangka menggalang dana, serta para pejalan kaki yang telah memberikan bantuannya,” ungkapnya.

Sementara itu, kemeriahan HUT RI ke-70 juga dapat dirasakan warga di lingkungan Desa Sindanglaya. Yang dimeriahkan oleh Kepala Desa Sindanglaya Yusuf Saefudin yang turun langsung ke lapangan guna mengikuti berbagai perlombaan bersama masyarakat.

“Serunya selalu ada dari tahun ke tahun. Demi memeriahkan dan mempererat ikatan silaturahmi, saya ikut terjun ke masyarakat” ujar kades.

Meskipun, usia yang sudah tidak lagi muda, ia tetap semangat berbaur bersama para remaja dan anak-anak.

“Ini tentunya bisa menumbuhkan semangat gotong royong, karena banyak makna yang didapat dalam perlombaan 17 Agustus,” tuturnya.

Daerah Sindanglaya sendiri banyak menggelar berbagai perlombaan yang tersebar di sejumlah kedusunan, seperti di Kampung Bengkok, Balakang Tengah, Balakang Pabrik, Sumur Kondang, Sukasari, dan Tarigu.

“Ada sisi edukatif dalam lomba ini, dan bisa meningkatkan kebersamaan,” tukasnya.(des/fhn/dep)