Harga Daging Ayam Pasar Cipanas Turun

daging ayam
Pedagang daging ayam
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKJABAR.id, SUKABUMI- Harga daging ayam di Pasar Tradisional Cipanas terus merosot. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan harga daging ayam di pasar lainnya yang masih cukup mahal.

Sekretaris Asosiasi Pedagang Daging Sapi dan Ayam Pasar Cipanas dan GSP Rudi Lazuardi menjelaskan, saat ini harga ayam potong dari agen sudah Rp27 ribu per kg dari sebelumnya Rp29 ribu per kg. Sehingga harga jual eceran kepada konsumen menyentuh Rp33-34 ribu per kg.

“Harga ini lebih murah dibanding harga (Daging ayam) di pasar lainnya yang masih menjual hingga Rp38-40 ribu per kg,” jelasnya.

Menurutnya, turunnya harga daging ayam dikarenakan para pemotong ayam dan pedagang, mengambil barang dari peternak lokal yang jauh lebih murah dari agen besar.


“Jika ada pedagang menjual di bawah standar akan dikenakan sanksi tegas. Sama halnya jika ada agen yang bermain, akan ada sanksi tegas yang siap diterimanya,” tegasnya.

Dikatakannya, apabila ada pedagang menjual di bawah standar mereka tidak boleh menerima barang dari agen, dan membayar administrasi Rp3 juta. Selain itu, yang bersangkutan akan dikucilkan dan harus menjual di luar Cipanas.

“Kontrol ini kami lakukan agar harga daging ayam, sapi, dan domba bisa sesuai dengan standar. Jangan sampai terjadi penimbunan atau tindakan melanggar aturan lainnya,” katanya.

Kepala Pasar Cipanas Kusmiadji menuturkan, pasokan ayam di Pasar Cipanas berasal dari peternak di wilayah sekitar Cipanas. Sehingga harganya bisa terjangkau akibat adanya pemangkasan biaya distribusi.

“Kami apreasiasi dengan terbentuknya Asosiasi Pedagang Daging Ayam dan Sapi Pasar Cipanas dan GSP, karena mereka bisa mengendalikan harga eceran sehingga seragam,” ungkapnya.(fhn/dep)