15 Kabupaten dan Kota Siap Ramaikan Helaran Budaya

Kuda kosong dalam pawai gelaran budaya Cianjur, tahun lalu.
Kuda kosong dalam pawai helaran budaya Cianjur, tahun lalu.
Kuda kosong dalam pawai helaran budaya Cianjur, tahun lalu.

POJOKJABAR.id, CIANJUR-Ketua Yayasan Abdi Cianjur, Harry M Sastarkusumah menyatakan siap menggelar dan mengsukseskan pawai Helaran Budaya. Sedangkan komunikasi dengan komunitas-komunitas kesenian dan budaya di Cianjur pun sudah dilakukannya sejak pertama kali ia mendapatkan informasi pelarangan pawai oleh bupati.

“Mereka semua sangat siap. Kami terus komunikasi selama ini,” lugas Harry.

Selain komunikasi dengan seniman san budayawan Cianjur, Harry mengaku, juga telah dihubungi oleh 15 kabupaten/kota di Jawa Barat yang menegaskan siap ikut serta dan meramaikan pawai Helaran Budaya kali ini.

“Ini bukti bahwa Helaran Budaya bukan hanya dinantikan oleh orang Cianjur. Tapi juga dinantikan oleh daerah lain. Mereka saja antusias, kok. Berarti Cianjur harus lebih antusias lagi,” tukas Harry.


Ketika ditanya soal anggaran yang bakal dikeluarkan untuk penyelenggaraan helaran, Harry mengatakan, hal itu jangan menjadi ganjalan atau halangan. Pasalnya, ia menegaskan bahwa selama ini, pawai Helaran Budaya sama sekali tidak menggunakan anggaran sepeserpun dari Pemkab Cianjur.

“Anggaran itu bisa dicari. Toh, selama ini helaran itu didanai dari sumbangan masyarakat dan pengusaha, kok,” tegas Harry.(ruh/dep)