Polisi Saling ‘Beradu’

CIUM: Anggota Satlantas Polres Cianjur beradu cepat mencabut koin dari semangka yang dilumuri coklat. Tak ada wajah garang dan tegas seperti kesehariannya.
CIUM: Anggota Satlantas Polres Cianjur beradu cepat mencabut koin dari semangka yang dilumuri coklat. Tak ada wajah garang dan tegas seperti kesehariannya.
CIUM: Anggota Satlantas Polres Cianjur beradu cepat mencabut koin dari semangka yang dilumuri coklat. Tak ada wajah garang dan tegas seperti kesehariannya.

POJOKJABAR.id, CIANJUR-Anggota Satuan Lalu-lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Cianjur, usai menggelar upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 di Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdullah bin Nuh, Senin (17/8/2015) kemarin, saling ‘beradu’ satu sama lain. Bukan dalam hal yang negatif. Pasalnya, hal itu dilakukan dalam bentuk berbagai perlombaan layaknya yang diadakan di kampung-kampung oleh masyarakat.

Adapun beberapa lomba yang diadakan itu antara lain, lomba makan kerupuk, mengambil koin dari semangka, lomba kelereng, mengumpulkan belut, memasukkan paku ke dalam botol, memecahkan balon, balap karung dan joget tomat.

Meskipun masih berbalut seragam kepolisian, para anggota polisi itu pun mengikuti setiap lomba dengan sangat gugup dan lebih banyak diselingi dengan tawa lebar nan lepas, jauh dari keseharian mereka yang akrab dengan tugas-tugas kepolisian.

Seperti yang terjadi ketika lomba pecah balon. Dengan hadiah yang beragam dan sudah dimasukkan ke dalam tiap balon itu, para polisi itu pun mengenakan topi yang dibentuk sedemikan rupa dengan paku di atasnya. Setelah diberi aba-aba, mereka pun langsung berlari menuju puluhan balon yang sudah digantung.


Meski terlibat dalam dorong-dorongan dan berebut memecahkan balon untuk mendapatkan hadiahnya, tapi gelak tawa lepas hampir tidak pernah putus. Pasalnya, aksi para polisi itu pun terlihat cukup kocak dan mengocok perut yang menyaksikannya.

Hal serupa juga terjadi di seluruh lomba tersebut. Sedangkan di sisi lain, lomba mengumpulkan belut, sengaja diperuntukkan khusus bagi para polwan. Kali ini, gelak tawa tak kalah menggelegar manakala para polwan tersebut harus memindahkan belut-belut itu ke wadah masing-masing yang diletakkan sedikit berjauhan dari wadah utama yang menampung ratusan belut.

Meski terlihat cukup geli dan sangat terpaksa, toh hal itu tidak menyurutkan para polwan itu untuk memindahkan sebanyak-banyaknya belut-belut itu ke dalam wadahnya masing-masing.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Didin Jarudin yang didampingi Kanit Regident Polres Cianjur, Iptu Luky Martono mengatakan, kegiatan lomba itu dilakukan sekedar untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-70. Selain itu, juga untuk menambah keakraban dan kekeluargaan di antara anggota Satlantas Polres Cianjur.

“Setahu saya ini baru pertama kali. Makanya jadi lebih seru. Biar semuanya lebih akrab dan rasa kekeluargaannya semakin tinggi,” ucap Didin, kemarin.

Dikatakan Didin, adapun berbagai hadiah yang sudah dipersiapkan sebelumnya juga merupakan hasil udunan antar anggota yang dipungut secara sukarela.

“Tidak dipaksa. Tujuannya untuk meramaikan HUT Kemerdekaan RI saja. Kan tidak semua dulu ketika masih kecil bisa ikut atau memenangkan lomba. Jadi, sekarang kesempatannya besar karena semua kebagian hadiah,” tukas dia.(ruh/dep)