Api Hanguskan Rumah Bendahara RT

FOTO: MG2/RADAR CIANJUR LUDES: Masyarakat menyaksikan kobaran api yang menyala melalap rumah milik Dasep hangus terbakar akibat hubungan arus pendek.
FOTO: MG2/RADAR CIANJUR LUDES: Masyarakat menyaksikan kobaran api yang menyala melalap rumah milik Dasep hangus terbakar akibat hubungan arus pendek.
Ilustrasi

POJOKJABAR.id, CIANJUR – Warga Kampung Babakan Karet RT02/02, Desa Selajambe, Kecamatan Sukaluyu, digegerkan dengan terjadinya kebakaran di wilayah mereka, pada hari Minggu (16/7/2015) siang lalu, sekitar pukul 11.30 WIB. Kebakaran yang terjadi secara tiba-tiba siang itu dengan cepat melalap rumah milik Bendahara RT02, Endin (45), yang saat itu sedang tidak ada di rumah, karena sedang mengerjakan rutinitasnya, bekerja sebagai kuli bangunan.

Ketua RT02/02, Ajid, mengatakan bahwa penyebab kebakaran untuk sementara waktu diduga berasal dari konsleting listrik. Saat kejadian, Endin masih bisa menyelamatkan dua orang cucunya yang berada di lokasi kejadian.

Bangunan rumah permanen yang terbakar berukuran sekitar 10 kali 6 meter, dan api baru bisa dipadamkan setelah sekitar 1 jam oleh petugas Pemadam Kebakaran (Damkar). Kerugian materi ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

“Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, warga yang tergabung dalam organisasi Karangtaruna, dan Pemerintah Desa setempat langsung menghubungi Damkar, ada 2 unit yang diturunkan ke TKP (Tempat Kejadian Perkara—red).” Ujar Sony (38), warga setempat.


Kepala Desa Selajambe, Agus Junaedi, membenarkan adanya kejadian tersebut. Awal terjadinya kebakaran diketahui terdengar suara letupan berkali-kali, lalu kemudian timbul nyala api, yang kemudian membesar dan membakar rumah.

Petugas Damkar yang dihubungi bergerak cepat ke lokasi kejadian, yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari jalan raya.

“Bisa dipadamkan meskipun memakan waktu lama, dan tidak ada korban jiwa. Melihat ini adalah musibah yang tidak diharapkan terjadi, kami dari pihak desa akan membantu korban sekemampuan kami, baik itu untuk memenuhi keperluan sembako, dan lainnya, yang secara langsung akan diberikan nanti.” Kata Agus kepada Radar Cianjur (Grup Pojoksatu). (mat/dep)