Pelototi Netralitas Penyelenggara Pilkada

ilustrasi PILKADA
ilustrasi PILKADA
ilustrasi PILKADA

POJOKJABAR.id, CIANJUR-Rapot merah yang didapat KPU Cianjur, pada pemilihan legislatif lalu tentu harus dijadikan catatan penting. Untuk itu, Pengamat Politik Cianjur, Rizki Sampurna menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus melototi netralitas semua penyelenggara KPU hingga jajaran bawah. Jangan sampai ada anggota KPU atau jajarannya yang merapat ke salah satu pasangan calon.

”KPU Cianjur itu kan sudah punya rapot merah dalam Pileg lalu itu jangan terulang lagi. Makanya semua elemen harus ikut memantau,” ungkapnya.

Menurut Rizki, salah satu agenda penting yang harus dipantau bersama, yakni pada saat penetapan pasangan calon, pada tanggal 24 Agustus 2015.

”Penetapan pasangan calon itu jadi tolak ukur awal. Kalau ada yang ganjil apalagi menohok dapat dipastikan nanti seluruh rangkaian Pilkada Cianjur akan ternoda. Jangan sampai penetapan paslon terkesan formalitas,” ujarnya.


Dalam melaksanakan amanat undang-undang, lanjut Rizki, KPU harus tegas, dan memiliki taring, khususnya terkait aturan kampanye. Pasalnya kalau aturan kampanye itu diikuti semua pihak, cost politik akan lebih ringan sebaliknya kalau tidak, cost politik akan lebih besar.

”Penyalahgunaan itu terjadi mulai dari kampanye. KPU juga harus berani menindak pasangan calon yang kampanye pakai fasilitas negara. Karena ini sangat tidak fair,” pungkasnya.(jun/dep)