Cianjur Raih Kwarcab Tergiat Tingkat Kwarda Jawa Barat.

TANDA JASA: Pembina Upacara HUT Pramuka Dandim Cianjur Letkol Arm Imam Haryadi sematkan tanda jasa.

TANDA JASA: Pembina Upacara HUT Pramuka Dandim Cianjur Letkol Arm Imam Haryadi sematkan tanda jasa. Foto: Fery/Radar Cianjur

POJOKJABAR.id, CIANJUR-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Cianjur, menggelar upacara hari ulang tahun Gerakan Pramuka, Jumat (14/8) pagi. Pelaksanaan upacara kali ini dipusatkan di Bale Kitri Kwarcab Cianjur Jalan Pramuka Karangtengah Cianjur.

Upacara bendera tersebut merupakan puncak acara dari rangkaian yang dilaksanakan oleh Kwarcab Cianjur, mulai dari touring komunitas sepeda motor Pramuka ke Cianjur selatan, digital widegame Saka Telematika, penyelesain Kecakapan Tertinggi Pramuka Garuda dan lainnya.

”Upacara sendiri merupakan acara puncak dari rangkaian acara ulang tahun Pramuka, setelah digelar pula berbagai kegiatan,” kata Protokol Upacara HUT Pramuka Kwarcab Cianjur, Iman Saefudin.

Berbagai lomba tersebut dilaksanakan seminggu sebelum puncak HUT Pramuka tanggal 14 Agustus.

”Lomba-lomba di laksanakan seminggu sebelum tanggal 14 Agustus, itu disebut sepekan sebelum HUT Pramuka,” ujar Iman.

Lomba-lomba tersebut diikuti oleh anggota Pramuka dari seluruh Kabupaten Cianjur dari jenjang SD, SMP dan SMA. Selain lomba ada juga penyeleksian untuk penghargaan Pancawarsa anggota Orang Dewasa dan Kecakapan Tertinggi Pramuka Garuda. Hanya saja penyeleksian ini dilaksanakan selama sebulan sebelumnya. Dari penerima penghargaan Kecakapan Tertinggi Pramuka Garuda tersebut tersebar mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMA.

Selain lomba, sehari sebelum HUT Pramuka, para anggota Pramuka juga menggelar ulang janji.

”Sehari sebelumnya itu para peserta Pramuka Penegak, Pandega dan para pembina ulang janji,” paparnya.

Meskipun upacara di Kwarcab Cianjur sudah dilaksanakan, pelaksanaan perayaan HUT Pramuka tidak berarti dilaksanakan hanya di daerah kota saja, hampir semua Kwartir Ranting juga melaksanakan acara perayaan berupa Jambore Ranting.
”Karena di Kwartir Cabang tidak bisa menampung semua, kita mengintruksikan untuk melakukan Jambore Ranting di daerah masing-masing,” kata Ka Ketua Kwarcab Cianjur Budhi Rahayu Toyib.

Meskipun acara perayaan dilaksanakan secara serentak, pelaksanaan upacara bendera untuk HUT Pramuka ternyata tidak dilaksanakan secara bersamaan setiap kecamatan.

Perayaan HUT Pramuka kali ini juga menjadi kado spesial setelah Kwarcab Cianjur meraih Kwarcab Tergiat Tingkat Kwarda Jawa Barat.

”Iya kita sudah sukses menjadi Kwarcab Tergiat Tingkat Jabar, dan kita tetap fokus dengan program Kabupaten Cianjur sebagai Kabupaten Pramuka se Indonesia,” harapnya.(mg3/dep)

Feeds