Atasi Anjal, Dinsosnakertrans Gandeng OPD

ILUSTRASI
ILUSTRASI
ILUSTRASI

POJOKJABAR.id, CIANJUR–Anak jalanan (anjal) tak selalu bisa dipandang negatif. Tak sedikit dari mereka merupakan anak-anak yang kurang mendapatkan perhatian dari orangtua maupun lingkungan sekitar. Hal ini pun menuai perhatian dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cianjur.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Cianjur, Sumitra mengatakan, pelatihan dan pembinaan rutin dilakukan serta berkordinasi dengan Dinas Pendidikan, Kementrian Agama dan Dinas Kesehatan.

Alhasil, sebanyak 210 anak jalanan bisa kembali bersekolah bahkan ada salah satu dari mereka yang menjadi Ketua OSIS di salah satu SMA Kota Cianjur.

“Itu anak jalanan saja bisa seperti itu, berarti kita tidak bisa melihat sebelah mata terhadap mereka,” paparnya.


Ia menambahkan, pelatihan untuk anak jalanan sudah menjadi program tahunan yang biasanya dilakukan pada bulan November dan Desember. Pelatihan ini dilakukan selama satu bulan di beberapa wilayah seperti Cipanas, Karang Tengah dan beberapa wilayah Cianjur lainnya.

“Mereka bisa bersekolah kembali mulai dari TK sampai SMA dan itu gratis karena dananya BOS ataupun kadang ada yang mendapatkan beasiswa,” terangnya.

Ia menjelaskan, semua itu terjadi karena ada dukungan dari beberapa kedinasan yang berkaitan dengan pendidikan maupun kesehatan.

“Semoga saja ini menjadi salah satu cara bagi pemerintah dalam upaya untuk memajukan Cianjur jauh lebih baik lagi,” harapnya. (mg1/mg2/dep)