Waduh! Dinding Sekolah Jadi Sasaran Vandalisme

Vandalisme di sekolah Cianjur
Vandalisme di sekolah Cianjur
Vandalisme di sekolah Cianjur

POJOKJABAR.id, CIANJUR – Sedikitnya ada dua lembaga pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Karangtengah dan Kecamatan Sukaluyu, Cianjur Timur yang mengeluhkan dan merasa jengkel kepada sejumlah oknum yang sengaja melakukan tindakan corat-coret (vandalisme) di dinding atau tembok.

Para pelaku tindakan ini bahkan nekad melakukan aksinya dengan mencorat-coret pagar tembok sekolah. Hal ini dialami oleh SD Sukamanah di Kecamatan Karangtengah, dan beberapa SD yang ada di Kecamatan Sukaluyu, juga lembaga pendidikan lainnya seperti SMP dan SMK di wilayah tersebut.

Rabu (12/7/2015), hal tersebut terpantau oleh Radar Cianjur (Grup Pojoksatu). Ada beberapa lembaga pendidikan setingkat SD,SMP, dan SMK yang dinding tembok mereka kotor, penuh dengan coretan yang tidak karuan, yang merusak dan menggangu keindahan.

“Padahal pihak sekolah pernah melakukan pembenahan dengan membersihkan tembok. Tetap saja ada oknum yang sengaja mencorat-coret dinding atau tembok.” Kata Fadli (35), warga setempat.


Hal senada dikatakan Magpur (40), seorang guru SMP yang mengajar di Kecamatan Sukaluyu. Menurutnya pihak sekolah sangat berharap ada tindakan tegas dan sanksi yang diberikan kepada okum yang sengaja mengotori dinding.

“Kalau punya keahlian menggambar, ya tuangkan saja, berkarya melalui seni menggambar. Jangan melampiaskan ke dinding atau tembok umum. Apalagi ini lembaga pendidikan, kami jadi bosan memperbaiki, karena setelah dicat pasti dikotori lagi.” Geramnya.

Magpur menganggap tindakan mereka ini serupa dengan penghinaan, tidak menghargai bagaimana upaya dan jerih payah mendirikan dunia pendidikan hingga bisa maju dan berkembang.

“Mereka tidak tahu bagaimana proses pembangunan sekolah, dan menghabis anggaran berapa. Hal-hal seperti ini, apa-apanya pasti kembali kepada pihak sekolah, padahal kita sudah melakukan upaya untuk pembenahan.” Komentar Asep (50), guru SD lainnya. (mat/dep)