Sampah di Cipanas Semakin Tak Terkendali

MENGGUNUNG: Tumpukkan sampah di areal Terminal Cipanas mulai menggunung dan menyebarkan berbagai penyakit.
MENGGUNUNG: Tumpukkan sampah di areal Terminal Cipanas mulai menggunung dan menyebarkan berbagai penyakit.
Sampah di Terminal Cipanas

POJOKJABAR.id, CIPANAS– Kondisi sampah di kawasan Kota Cipanas semakin tak terkendali. Sejumlah titik di sepanjang jalan protokol terdapat tumpukkan sampah.

Staf Trantib Kecamatan Cipanas Holis menjelaskan, keberadaan tempat pembuangan sampah yang berada di Lapang Desa Cipanas sebetulnya tidak layak, karena menganggu masyarakat dan para wisatawan yang ingin berbelanja ke pasar.

“Kondisinya tidak enak dipandang. Selain itu bisa menyebabkan polusi sehingga mengganggu kesehatan dan kenyamanan,” jelasnya.

Menurutnya, akibat tidak ada tempat khusus pembuangan sampah, warga kerap membuang sampah di bak sampah yang berada di Lapang Dsa Cipanas.


“Kami sangat berharap ada tempat yang layak untuk penampungan sampah,” ujarnya.

Dikatakannya, pemerintah Kecamatan Cipanas sebenarnya tengah memikirkan tempat pembuangan sampah sementara. Namun hinggi belum ada solusi yang tepat untuk menanganinya.

“Kami sangat mengharapkan Pemkab Cianjur bisa ikut memikirkan tentang penyediaan tempat pembuangan sampah,“ katanya.

Zaelani (51) warga Desa Cipanas mengaku, sudah seharusnya pemerintah ikut memikirkan posisi strategis tempat pembuangan sampah. Lantaran Lapang Desa Cipanas seharusnya bisa dimanfaatkan untuk sarana olahraga.

“Apalagi dekat kantor Kwarran Cipanas dan Gedung DKC. Sehingga lapang itu sebenarnya bisa dimanfaatkan dengan baik,” paparnya.

Ditambahkannya, jika tempat pembuangan sampah di Lapang Desa Cipanas dibiarkan, lama kelamaan sampah akan semakin menumpuk dan membuat kesan daerah Cipanas kumuh.

“Sebaiknya sampah itu bisa dimanfaatkan. Apalagi tempat sampah di Lapang Desa Cipanas di dominasi dengan sampah berasal dari sayur-sayuran. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk pupuk,” ungkapnya.(fhn/dep)