Panwas Siap Terima Tekanan

panitia pengawas pemilu panwaslu
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKJABAR.id, CIANJUR-Gelaran Pilkada Cianjur sebentar lagi masuk tahap kampanye. Untuk itu peran panitia pengawas pemilu (Panwaslu) sangat penting dalam mengawasi setiap tahapan.

Kabag Ops Polres Cianjur, Kompol Hilman mengatakan, tekanan pasti datang pada penyelenggara, termasuk Panwas.

“Maka harus siap menerima tekanan-tekanan tadi, nah kami dari Kepolisian siap back up kalau selama itu sesuai dengan koridor,” ujar Hilman saat menghadiri Bintek Kesekretariatan Panwaslu Cianjur.

Menurutnya, dalam menangani kasus pidana pemilu, pihak kepolisian tidak bisa inisiatif, karena tetap ada koridor-koridor yang harus dijalani.


“Karena kasus pidana pemilu itu ada limit waktu, jadi panwas sebagai ujung tombak harus inisiatif jika menemukan pelanggaran. Jangan menunggu ada laporan,” ujarnya.

Ketua Panwaslu Kabupaten Cianjur, Saeful Anwar mengungkapkan, Bintek Kesekretariatan dilaksanakan selama dua hari (10-11/8/2015). Kegiatan untuk memberikan pemahaman kepada panwascam dan kesekretariatan, terutama dalam penanganan pidana pemilu.

“Para peserta supaya mengetahui secara administrasi, proses penanganan pelanggaraan pemilu dan pengadministrasian,” ujarnya.

Sementara itu, dalam melakukan pengawasan, panwas saat ini fokus mengawasi pemutakhiran data pemilih, dan verifikasi calon perseorangan.

“Kita sedang fokus pemutakhiran data dan verifikasi calon perseorangan mulai administrasi dan data factual,” pungkasnya.(jun/dep)