Manfaat Lain Kelapa Hijau Ampuh Menangkal Santet dan Guna-guna

Kelapa Hijau
Kelapa Hijau
Kelapa Hijau

POJOKJABAR.id, CIANJUR- Setiap buah pasti memiliki manfaat masing-masing, baik dalam setiap kandungan yang dimiliki dari buah tersebut pasti ada manfaat masing-masing. Tentunya, kashiat buah-buahan akan muncul tergantung dari kandungan yang terdapat dalam buah tersebut.

Kelapa Hijau, siapa yang tidak mengenal buah ini. Buah kelapa yang sering sekali dijuampai dikawasan dataran geografis yang rendah khusnya di kawasan pantai pasti buah ini menjadi buah yang sangat dicari. Kandungan kelapa hijau yang memiliki fungsi utama dalam menambah ion tubuh pastilah sering menjadi pilihan untuk menambah stamina tubuh.

Namun, perlu diketahui juga buah yang memiliki nama latin (Cocos nucifera) ternyata buah menurut kepercayaan orang terdahulu ampuh untuk menangkal guna-guna. Memang jarang sekali istilah seperti ini ditemui bahkan bisa dibilang konyol alias tidak masuk akal.

Bagian Armasi pengawas makanan dan minuman Dinas Kesehatan Cianjur, Syahrul, mengatakan, secara medis fungsi dari kelapa hijau sendiri memang sangat banyak sekali, selain harganya yang relati lebih mahal dibandigkan dengan harga air minum biasanya. Air kelapa ini memiliki Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa hijau sangatlah tinggi.


“Air kelapa hijau juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh,” jelasnya.

Penjual kelapa hijau, Serry , mengatakan, banyak yang bilang bahwa kelapa hijau memang memiliki khasiat ampuh untuk menangkal guna-guna. Mulai dari orang-orang terdahulu, mungkin hingga sampai saat ini masih ada yang mempercayai bahwa kelapa hijau ampuh untuk mengkal guna-guna.

“Pemahaman tersebut sudah turun-temurun dari nenek moyang pada saat dulu, hingga sekarang¨ ujarnya.

Ia menambahkan, biasanya mereka datang ketempat orang pintar sambil membawa kelapa hijau yang masih muda, banyak orang-orang yang menggunakan kelapa hijau sebagai salah satu syarat yang harus dibawa pada saat akan menemui orang pintar. Air kelapa hijau yang digunakan sebagai alat mediasi dan perantara doa.

“Terkadang air tersebut digunakan untuk membasuh tubuh dan sebagian lagi untuk diminum,” terangnya.

Ust Husein Ashary, mengatakan, perlu diketahui air kelapa hijau memang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup banyak, air pada dasarnya memiliki kandungan yang netral dan sangat baik untuk dikonsumsi.

“Doa yang menjadi kekuatan utama dalam menangkal guna-guna, tapi memang kepercayaan itu sudah tertanam semenjak dulu, tapi jangan sesekali menjadikan itu sebagai pegangan utama karena akan menjadi musrik,”himbaunya.

Ia menjelaskan, dengan menumbukan tujuh helai daun bidara hijau diantara dua batu lalu masukan air yang cukup utnuk dipake mandi dan sisanya diminum, kemudian air tersebut di dibacakan ta’awudz lalu ayat kursi, surat ala’raf ayat 117-122,Yunus 79-82,Thaha 65- 70, lalu Al Kafirun dan Al Alaq dan diminumkanlah air tersebut kepada pasien.

“Insya Allah atas izin-Nya, maka semua akan berjalan dengan apa yang diharapkan,” tutupnya.(mg1/dep)