2015, Target Baznas Rp16 Miliar

Penyerahan Dana BAZNAS untuk Program Indonsia Takwa oleh Ahmad Fatoni
Penyerahan Dana BAZNAS untuk Program Indonsia Takwa oleh Ahmad Fatoni
Penyerahan Dana BAZNAS untuk Program Indonsia Takwa oleh Ahmad Fatoni

POJOKJABAR.id, CIANJUR-Target perolehan zakat, infaq dan dana keagamaan BAZNAS Cianjur tahun ini sebesar Rp16 miliar. Hal itu terjadi akibat kenaikan Rp 1 miliar dari target perolehan tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp15 miliar.

Sekretaris BAZNAS Cianjur, Ahmad Fatoni berharap, target sebesar itu dapat tercapai pada waktunya. Harapannya tersebut didasari pengalaman tahun lalu, perolehan BAZ hampir mencapai angka Rp15 miliar.

Pada perhitungan Juli 2015, BAZ Cianjur telah memperoleh lebih dari Rp3 miliar yang terdiri dari zakat fitrah lebih dari Rp2 miliar, zakat mal lebih dari Rp944 juta dan ifnaq serta dana keagamaan lainnya sebesar Rp261 juta.

Menurutnya, Baznas Cianjur melakukan penyuluhan secara berkelanjutan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan Baznas sebagai lembaga resmi penerima dan penyalur zakat. Meskipun demikian, masih banyak warga memberikan zakat maupun zakat fitrah secara langsung kepada mustahiq, tanpa melalui BAZNAS.


Pendapatan yang diperoleh BAZ setiap tahunnya, menurut Ahmad, baru berkisar 30 persen dari seluruh warga muslim Cianjur. “Kami yakin apabila masyarakat yang membayarkan zakatnya ke BAZ akan dikembalikan ke warga sekitarnya,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua BAZNAS Kabupaten Cianjur, Abdul Kodir Rozy mengatakan, Baznas merupakan badan resmi dan yang dibentuk pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001. Tugas dan fungsinya menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

Semua penerimaan zakat itu, disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu juga disalurkan ke berbagai program, antara lain Indonesia Taqwa, Indonesia Makmur, Indonesia Cerdas, dan juga Indonesia Peduli.

Pada tahun kemarin, Baznas Cianjur menebar 2000 paket sembako kepada masyarakat yang kurang mampu dan dilaksanakan di Gedung Dakwah atau Asrama Haji Kabupaten Cianjur, Jalan Raya Bandung, Sadewata, Cianjur.

“Setiap tahun mendistribusikan 2000 hingga 2500 paket sembako di Kabupaten Cianjur. Insya Allah kita juga akan melaksanakan tebar paket sembako kembali,” katanya. (ras/dep)