Pedagang Bendera Musiman Mulai Ramai

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKJABAR.id, CIANJUR- Jelang peringatan hari kemerdekaan. Sejumlah titik jalan trotoar mulai dihiasai oleh pedagang atribut hari kemerdekaan, seperti bendera, umbul-umbul dan lain-lain.

Kastama (60) seorang pedagang bendera mengaku, sudah empat tahun berjualan atribut hari kemerdekaan seperti bendera dan umbul-umbul.

“Saya berasal dari Ciawi-Bogor. Saya satu-satunya yang berjualan bendera disini. Bagi saya ada kepuasan tersendiri berjualan bendera merah putih,” akunya.

Dikatakannya, animo masyarakat masih sangat tinggi dalam menyambut hari kemerdekaan. Buktinya, beberapa hari menjelang peringatan 17 Agustus, warga sudah banyak yang mencari bendera merah putih.


“Saya berdagang jelang 17 Agustus saja, omset yang didapatkan bisa di atas Rp 1 juta,” katanya.

Menurutnya, menjual bendera merupakan aktivitas musiman, karena sehari-hari biasanya menjual alat tulis di daerah Ciawi.

“Meskipun musiman menjual bendera berkah bagi saya,” ujarnya.

Harga bendera yang ditawarkan cukup bervariatif, barang berupa bendera sengaja didatangkan dari daerah Cirebon dan barangnya dijamin bagus.

“Saya jual bendera paling murah Rp 5000-Rp50 ribu. Sedangkan untuk background dikisaran Rp 250 ribu-Rp 300 ribu tergantung ukurannya,” ujarnya.

Ridwan (21) salah seorang pembeli mengaku terbantu dengan adanya penjual bendera di Sukaresmi. Lantaran tidak harus pergi ke Kota Cipanas.

“Kami apresiasi penjual bendera guna memeriahkan hari kemerdekaan RI ke-70,” tukasnya.(fhn/dep)