Bagian Belakang Taman Joglo Bau Busuk

Sampah menumpuk di bagian belakang Taman Joglo.
Sampah menumpuk di bagian belakang Taman Joglo.
Sampah menumpuk di bagian belakang Taman Joglo.

POJOKJABAR.id, CIANJUR–Taman Kota Cianjur yang dikenal dengan Taman Joglo tampak bersih dan rapih bila terlihat dari depan. Suasana rindang nan sejuk terasa kental saat berada di area sekitar taman. Namun sayangnya, bagian belakang taman yang berada di ruas Jalan Siliwangi itu nampak tidak elok bahkan berbau busuk.

Warga setempat Dede (40) mengatakan, sudah dua tahun bagian belakang taman dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah. Pada awalnya, pemerintah berjanji hanya sementara saja sampah ditempatkan. Seperti omong kosong, sampai saat ini sampah tidak dipindahkan.

“Warga hanya bisa melihat saja, bahkan sudah jadi kebiasaan orang-orang membuang sampah di sana,”paparnya. Ia menambahkan, saat musim hujan, area tersebut menimbulkan bau busuk.

“Biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan taman Joglo setahu saya mencapai Rp980 jutaan. Tapi dengan keadaan yang seperti ini tampaknya dengan anggaran Rp 500 juta saja sudah cukup,” terangnya.


Ia merasa heran, warga sering membuang sampah padahal sungguh tidak nyaman bagi warga setempat. Ia berharap, taman Joglo bisa dirawat dengan baik karena kerap kali taman tersebut dijadikan sebagai tempat mesum.

Sementara itu, Lurah Sawahgede, Djoko Purnomo menjelaskan, bagian belakang taman Joglo merupakan tempat sementara pembuangan sampah. Di lokasi itu, terdapat sejumlah tangki kosong yang digunakan untuk membuang sampah.

Namun, pihaknya tetap turut mengawasi aktivitas pembuangan sampah di lokasi itu.

“Kita hanya sebatas mengawasi, penanganan langsung dari pemeritah kabupaten,” paparnya. (mg1/yaz/dep)