PDAM Siagakan Mobil Tangki

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKJABAR.id, SUKABUMI – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sukabumi menyiagakan empat unit mobil tangki untuk menyuplai air bersih ke daerah-daerah yang dilanda kekeringan akibat musim kemarau saat ini. Jika dibutuhkan, PDAM akan mengirimkan truk untuk mendroping kebutuhan air layak konsumsi bagi masyarakat.

“Untuk antisipasi kesulitan air akibat kekeringan saat ini kami menyiagakan empat mobil tangki. Nantinya mobil-mobil ini akan mendroping air bersih untuk masyarakat. Saat ini kemarau sudah berlangsung cukup lama sehingga bisa saja mendadak mobil tangki ini mesti diberangkat-kan ke lokasi yang dibutuh-kan,” jelas Kepala Bagian (Kabag) Umum Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sukabumi, Budi Yarkah.

Menurut dia, untuk prosedur droping air di daerah ter-lebih dahulu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi. Sebab pemetaan daerah kekeringan dan rawan air bersih saat kemarau be-rada di ranah BPBD. Dengan demikian, PDAM menunggu koordinasi dengan BPBD dan pemerintah daerah.

“Pada intinya kami siap membantu mengatasi kebutuhan air untuk masyarakat, dan semua pihak sudah melaku-kan koordinasi selain dengan BPBD juga PMI dan pihak lainnya,” jelas Budi.


Sedangkan untuk persediaan air bagi pelanggan PDAM, Budi mengungkapkan masih aman dan belum ada laporan kekeringan. Hal ini terjadi lantaran sumber air bagi pelanggan berasal dari mata air dan sungai.

“Kesiagaan kami utamanya untuk pelanggan, kami berharap pasokan air tetap stabil meski kini di musim kemarau,” ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak empat kecamatan di Kabupaten Sukabumi mengalami kekeringan. Akibatnya, warga di empat kecamatan tersebut mulai kesulitan mendapatkan pasokan air bersih. Data BPBD Kabupaten Sukabumi menyebutkan, empat kecamatan tersebut yakni Bantargadung, Warungkiara, Ciracap, dan Gegerbitung.

Di Kecamatan Warungkiara ada enam desa yang dilaporkan mengalami kekeringan. Sementara di Bantargadung terjadi di tiga desa, Gegerbitung dua desa, dan satu desa di Kecamatan Ciracap. Kecamatan tersebut rata-rata berada di selatan Sukabumi. (dri/dep)