Mantap, Brokoli Cianjur Tembus Jerman

Brokoli Cianjur
Brokoli Cianjur
Brokoli Cianjur

POJOKJABAR.id, CIANJUR- Selain dipasok ke daerah Jawa dan luar Jawa. Jenis sayuran brokoli asal Kecamatan Pacet ternyata memiliki tempat dikalangan konsumen luar negeri, seperti Singapura, Jerman, dan Abu Dhabi.

Irwan Setiawan (46) salah seorang petani brokoli di Desa Sukatani menjelaskan, budidaya brokoli di kawasan Kecamatan Pacet dan Cipanas, dalam sehari rata-rata bisa memanen sekitar 1 kwintal per petani.

“Setiap hari sayuran kami langsung didistribusikan ke pasar tradisonal di kawasan Cianjur, Bogor, hingga supermarket di daerah Jakarta dan Tangerang,” jelasnya.
Menurutnya, disamping dikirim ke di sejumlah daerah dan kota di Indonesia.

Sayuran brokoli asal Pacet dan Cipanas banyak disukai orang luar negeri.


“Memang sayuran brokoli asal Cipanas ini memiliki bentuk dan rasa khas. Sehingga banyak yang menyenangi brokoli dari Pacet dan Cipanas,” tuturnya.

Dijelaskannya, bercocok tanam sayuran jenis brokoli pada prinsipnya mudah diterapkan, karena persyaratannya mudah asal menerapkan sistem budidaya yang baik.

“Dalam usia 2,5 bulan brokoli sudah bisa dipanen. Sedangkan untuk perawatannya setiap hari dengan cara rutin menyirami, dan memotong daun-daunnya yang layu,” jelasnya.

Akan tetapi, tambahnya, ada perbedaan brokoli yang dipasarkan ke beberapa supermarket dan pasar tradisional. Brokoli yang dijual ke supermarket memiliki kriteria ukuran batang lebih pendek, dibandingkan brokoli yang dijual di pasar tradisional.

“Biasanya ke supermarket dijual dengan harga Rp 12 ribu hingga 16 ribu per kilogram. Sedangkan untuk pasar tradisional brokoli dijual hanya Rp 7 ribu hingga Rp 9 ribu per kilogram,” jelasnya. (fhn/dep)