Hari Ini Deadline Persyaratan Calon

Tiga bapaslon jalani tes kesehatan
Tiga bapaslon jalani tes kesehatan
Tiga bapaslon jalani tes kesehatan

POJOKJABAR.id, CIANJUR-Proses pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) Pilkada serentak 2015, ternyata tidak semua memenuhinya. Salah satunya dokumen visi-misi dan susunan tim kampanye.

Hal itu diungkapkan Divisi Hukum KPU Cianjur, Selly Nurdinah. Padahal kelengkapan surat dan dokumen itu wajib ada dan menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh bapaslon.

“Iya, visi-misi itu belum diserahkan kepada kami. Belum semua calon menyerahkannya,” ujar Selly tanpa menyebut bapaslon mana yang dimaksud.

Selly menyebut, dokumen tentang visi-misi diperlukan karena harus melalui tahap penelitian pihaknya. Selain itu, visi-misi juga masih harus disesuaikan dengan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten Cianjur.


“Visi-misi bapaslon tersebut nantinya akan diteliti dan disesuaikan dengan RPJPD pemerintah daerah, khususnya Cianjur. Nah, sampai saat ini, belum semua visi misi itu diserahkan ke kami,” tambah Selly.

Selly menjelaskan, pada saat pendaftaran bapaslon di kantor KPU Cianjur, memang ada sejumlah surat dan dokumen yang wajib diserahkan pada saat itu juga. Adapun surat dan dokumen dimaksud adalah form model B1, yakni keputusan persetujuan bapaslon, form model B2 soal kesepakatan antar parpol pengusung, form B3 yang berisi kesepakatan bapaslon dengan parpol.

“Sedangkan form model B4 adalah kesepakatan penyesuasian bapaslon dengan RPJPD Cianjur. Itu semua wajib ada dan disertakan ketika mendaftar,” jelas dia.

Selain dokumen visi-misi yang belum disetorkan juga ada daftar susunan tim kampanye atau pemenangan.

“Sampai sejauh ini, semua bapaslon hanya menyampaikan surat kepada kami bahwa hal itu sedang dalam proses. Itu saja,” ujar Selly.

Adapun batas akhir penyerahan kelengkapan surat dan dokumen dimaksud itu adalah berakhir hari ini, Jumat 7 Agustus 2015.

Karena itu, pihaknya pun mengimbau kepada masing-masing bapaslon, parpol pengusung maupun tim pemenangan agar segera menyerahkannya agar bisa diproses lebih lanjut.

“Syarat calon yang diusung parpol dan dukungan perseorangan maksimal tanggal 7 Agustus pukul 16.00 WIB. Kami akan meneliti kembali kelengkapan-kelengkapan dokumen yang diajukan pada masa perbaikan tersebut,” sambung dia.

Dikatakan Selly, tahapan persyaratan calon itu sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Tahapan Program dan JAdwal Pemilihan Kepala Daerah dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Seperti itu memang adanya,” tukas Selly.(ruh/dep)