Dua Pendaki Gunung Gede Tewas karena Ini

belasan pendaki gunung gede pangrango sukabumi berhasil dievakuasi (ilustrasi)
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, CIANJUR – Dalam kurun waktu dua bulan, dua orang pendaki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) tewas. Salah satu penyebabnya akibat kelelahan dan sakit.

Kapolsek Pacet Kompol Wadi Sa’bani mengatakan, para pendaki yang ingin melakukan pendakian ke TNGGP harus mempersiapkan segala sesuatunya, seperti perbekalannya, peralatan terutama kondisi fisik yang sehat.

“Apalagi saat ini kondisi cuaca tidak menentu, sehingga para pendaki harus benar-benar tahu segala konsekwensinya. Nyatanya, jika tidak siap secara fisik, dua orang pendaki kemarin tewas dalam perjalanan, diduga kuat mereka meninggal karena sakit,” katanya.

Kapolsek menghimbau kepada para pendaki, jika kondisi fisik tidak menunjang untuk melakukan pendakian, seharusnya mereka menunda aktivitas pendakian hingga benar-benar kondisi fisik prima.


“Ini perlu dilakukan agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan sampai memaksakan diri dalam kondisi fisik yang tidak prima sehingga menjadi bencana,” ujarnya.

Sementara itu, Babhinsa Desa Cimacan Serka N. Sitorus mengaku, miris dengan adanya pendaki TNGGP yang tewas, pihak TNGGP diharapkan dapat memperketat pemeriksaan kesehatan terhadap para pendaki.

“Sudah seharusnya pihak TNGGP memeriksa terlebih dahulu kesehatan para pendaki dengan ketat, agar tidak ada korban jiwa berikutnya saat mendaki Gunung Gede,” ungkapnya.(fhn/dep)