Antisipasi Kematian Bumil Saat Melahirkan

hamil-oleh-Hamil-SegiEmpat-1024x685
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, CIANJUR – Kelurahan Bojongherang terus meningkatkan pelayanannya di bidang kesehatan. Salah satunya dengan mempertahankan prestasi nihil kematian ibu hamil (bumil) saat melahirkan. Bidan Bojongherang, Ani mengatakan, selama satu tahun terakhir, Bojongherang belum memiliki kejadian kematian bumil saat melahirkan.

Padahal Bojongherang tidak memiliki puskesmas khusus hanya sebatas beberapa posyandu saja. “Untuk mencegahnya, kita lakukan antisipasi dini kepada setiap bumil di Kelurahan Bojongherang,” ujar Bidan Ani didampingi Bidan Yuli.

Antisipasi dini dapat dilakukan saat bumil sedang memeriksakan kondisi kesehatan bumil dan calon bayi yang sedang dikandung. “Nanti dari setiap pemeriksaan kita bisa tahu kondisi kesehatan ibu dan calon bayi,” ungkapnya.

Bagi Bidan Ani, pemeriksaan rutin perlu dilakukan untuk mencegah peristiwa kematian bumil saat melahirkan. Untuk itu, bumil wajib mengkonsumsi makanan bergizi untuk menunjang kesehatannya.


Bojongherang memiliki kelebihan dibandingkan wilayah lainnya. Pasalnya, Bojongherang memiliki RSUD Cianjur. Artinya, keberadaan RSUD mampu membantu proses melahirkan apabila diperlukan khususnya dalam keadaan darurat.

“Mungkin di wilayah lain masih ada kasus kematian bumil karena jarak pelayanan kesehatan sangat jauh dari lokasi tempat tinggal,” terang Bidan Ani di sela-sela lomba penilaian yang dilakukan tim pemkab Cianjur.

Saat ini, Bojongherang masih menginduk kepada puskesmas di Kelurahan Muka. Apabila terdapat peristiwa melahirkan pun masih dapat dilakukan di Kelurahan Muka. (yaz/dep)