Satpol PP-DKP Saling Lempar

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, CIANJUR – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur mengaku kewalahan dan tidak bisa bentindak banyak dalam menertibakan baliho serta spanduk bakal calon (Balon) Bupati Cianjur, yang ditempel dan dipaku di pohon serta di pinggir jalan protokol.

Padahal, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Cianjur sudah menekankan agar segala baligo, spanduk dan poster tersebut, siapapun cabupnya sudah harus ditertibkan. Pasalnya, penilaian Adipura sudah hampir dekat.

Kepala Satpol PP, Dadan Wildan, menuturkan, penindakan baliho dan spanduk tersebut sudah sesuai dengan persetujuan dari Tim Adipura dimana DKP termasuk di dalamnya. Namun, dirinya sudah memberikan peringatan kepada tim sukses dari balon yang ada untuk segera mencabut sendiri baliho, spanduk dan poster di sepanjang jalan protokol.

“Hari ini (kemarin, red) kami juga akan kembali memberikan peringatan kedua. Apabila masih belum diambil, maka kami akan berikan tindakan keras sekaligus melakukan penertiban secara keseluruhan,” kata dia, kemarin (28/4).


Saat disinggung mengenai adanya baliho balon di sejumlah pohon di ruas jalan protokol, Dadan berkilah tidak mengetahuinya. Menurut dia, semua baliho, spanduk dan poster sudah ditertibkan saat penertiban pertama beberapa waktu lalu.

“Saya tidak tahu hal itu. Pasalnya untuk yang di pohon sudah semuanya kami ambil. Tetapi terkadang ada oknum yang kembali menempelkannya di pohon. Namun segera akan kami tindak agar Cianjur bersih dan terbebas dari baliho yang menghalangi pemandangan dan membuat Cianjur terlihat kumuh,” kilah Dadan.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Kepala DKP, M Yeyen Rohyanda Wargadisastra, mengatakan, penindakan terhadap baliho, spanduk dan poster itu sepenuhnya sudah diserahkan kepada Tim Adipura. Akan tetapi, yang menjadi ketua tim tersebut adalah Satpol PP Kabupaten Cianjur.

“Itu bukan wewenang kami. Ketua tim tersebut adalah satpol PP Kabupaten Cianjur. Kami akan kembali menekan Satpol PP agar segera menertibkan baliho, spanduk dan poster tersebut. Sebab penilaian sudah semakin dekat,” tukas Yeyen.(ruh/dep)