Stiker Balonbup Kotori Angkum

ilustrasi
ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, CIANJUR-Stiker bergambar bakal calon (balon) Bupati Cianjur semakin marak bertebaran di berbagai tempat. Salah satunya pada pintu angkutan umum (angkum).

Saepudin (40), salah satu supir angkum trayek 05B mengaku, stiker salah satu balon yang ada di pintu angkumnya itu ditempelkan seseorang beberapa waktu lalu. Ia diberi sebotol air mineral oleh orang tersebut agar bisa memasang stiker itu. “Katanya air mineral itu sebagai bayaran untuk izin memasangkan stiker,” ujar dia kemarin (27/4).

Menurut Saepudin, setiap ada gelaran pemilu, angkum memang menjadi lahan untuk kampanye dengan menempelkan stiker di pintu ataupun kaca belakang. Ia pun mengaku kerap menerima pemasangan stiker tersebut dengan bayaran sebesar Rp100 ribu untuk beberapa hari ditempel.

“Kalau yang besar biasanya diberi Rp100 ribu. Tapi kalau kecil paling juga diberi uang buat beli rokok,” ungkap dia.


Meski keberadaan stiker balon itu marak di angkum, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Cianjur mengaku tidak bisa berbuat banyak untuk mencegahnya.

Kepala Bidang Angkutan Dishubkominfo Kabupaten Cianjur, Afif Darmawan mengatakan, pihaknya tidak bisa bertindak untuk melarang ataupun menertibkan stiker tersebut karena bukan kewenangan pihaknya.

“Sebetulnya memang tidak diperbolehkan. Yang boleh ditempel hanya informasi trayek angkutan. Tetapi kami tidak berwenang untuk mencopotnya. Itu wewenang bawaslu,” ucap dia.

Menurut Afif, pihaknya hanya dapat mengimbau agar tidak dilakukan pemasangan stiker pada angkum. Sebab hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan penumpang.
“Imbauan sudah kami lakukan secara terus-menerus. Untuk ke depannya, mungkin kami akan berkoordinasi dengan pihak lainnya untuk segera menindak hal tersebut,” tukas dia.(ruh/dep)