Warga Cipanas Akan Didata

DIDATA: Penduduk Cipanas yang semakin padat membuat Pusbin BKBPP segera melakukan pendataan.
DIDATA: Penduduk Cipanas yang semakin padat membuat Pusbin BKBPP segera melakukan pendataan.
DIDATA: Penduduk Cipanas yang semakin padat membuat Pusbin BKBPP segera melakukan pendataan.

POJOKSATU.id, CIANJUR – Pertumbuhan penduduk di Cipanas terus mengalami peningkatan. Kini Pusbin BKBPP Kecamatan Cipanas melakukan pendataan ke masyarakat secara menyeluruh

Kapusbin BKBPP Kecamatan Cipanas, Mey Mulyawati menjelaskan, jumlah penduduk kian bertambah setiap waktunya sehingga pengawasan dan pemantauan jumlah penduduk harus terus dilakukan.

“Saat ini, kami melakukan pelatihan calon manager SPV tingkat desa untuk mengawali pelaksanaan kegiatan Senin besok,” terangnya. Dijelaskannya, pendataan sendiri dilakukan serempak seluruh Indonesia mulai tanggal 1-31 Mei. Nantinya, seluruh keluarga yang ada wilayah Cipanas akan didata secara akurat.

“Kami melakukan pendataan mulai Senin mendatang, dengan memberdayakan kader Posyandu tingkat RT dan petugas desa. Nantinya kami akan mendata jumlah keluarga, jumlah usia subur, hingga kemampuan ekonomi,” paparnya.


Data yang dihimpun sangat dibutuhkan untuk operasional dalam menentukan kebijakan. Sehingga dalam melakukan penyuluhan dan mencapai target kerja data tersebut akan menjadi acuan penggarapan di berbagai bidang program.

“Dalam melakukan pendataan kami akan menggunakan formulir yang sama antar petugas di setiap desa sehingga data akan tepat dan akurat,” imbuhnya. Sementara itu, petugas pendata sendiri sudah diberikan SK bupati sehingga memiliki legalitas yang kuat.

“Setiap satu pendata ditargetkan bisa mendata 150 KK (Kepala Keluarga), mereka mendata khususnya warga yang sudah menetap minimal enam bulan. Tentunya diharapkan ini bisa menghasilkan data yang realistis,” pungkasnya.(fhn/dep)