Hadapi MEA, Akper Cianjur Lakukan Ini

Akademik Keperawatan Cianjur
Akademik Keperawatan Cianjur
Akademik Keperawatan Cianjur

POJOKSATU.id, CIANJUR-Akademik Keperawatan Cianjur menyelenggarakan kuliah umum, dengan tema “Sumber Daya Manusia Perawat dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean” di Gedung Aula Akper.

Kasubag Akademik Akper, Asep Suryadin mengatakan, kuliah umum dilaksanakan untuk menyiapkan Akademik Keperawatan Cianjur agar dapat bersaing dengan lulusan perguruan tinggi terbaik lainnya, pada saat MEA diberlakukan.

“Ini langkah untuk menyiapkan diri mengikuti persaingan MEA,” kata Asep.
Selain itu, dalam menghadapi persaingan untuk menuju MEA Akademik Keperawatan Cianjur juga melakukan study orientasi ke Sekolah Tinggi Kesehatan Ahmad Yani, Yogyakarta.

“Tujuannya untuk melihat fasilitas ruangan seperti ruangan laboratorium, perpustakaan, serta cara pembelajaran antara di STIKES Ahmad Yani dengan Akper Cianjur,” ujarnya.


Ditambahkannya, study banding yang diikuti 295 mahasiswa ini dapat mengaflikasikan keperawtan bedah serta mempadupadankannya dengan tindakan medical bedah yang nantinya akan dipraktekan mahasiswa Akper Cianjur.

“Ini juga akan menjadi evaluasi bagi diri mahasiswa. Karena dalam study banding itu Akper Cianjur masih banyak kekurangannya. Sehingga harus banyak ditiru. Salah satunya ruang demo, micro teaching dan ujikon piwiti yang telah dimiliki oleh STIKES Ahmad Yani,“ jelasnya.

Selain itu, Asep melihat banyaknya perbedaan antara STIKES Ahmad Yani dan Akper Cianjur. Menurutnya, STIKES Ahmad Yani telah memiliki basic Angkatan Darat dan sudah memiliki 20 menekin baby atau alat praktek boneka bayi. “Dari study banding itu banyak yang harus dibenahi oleh AKPER Cianjur baik dari segi ruangan maupun peralatannya. Karena selama ini untuk perlatan sendiri seperti menekin baby, AKPER baru memiliki lima menekin baby,” pungkasnya.(riz/dep)