Pemdes Ciloto Desak Bangun PJU dan Rest Area

BERBAHAYA : Jalur Ciloto membutuhkan PJU dan rest area untuk meminimalisir kecalakaan.
BERBAHAYA : Jalur Ciloto membutuhkan PJU dan rest area untuk meminimalisir kecalakaan.
BERBAHAYA : Jalur Ciloto membutuhkan PJU dan rest area untuk meminimalisir kecalakaan.

POJOKSATU.id, CIANJUR – Pemdes Ciloto mendesak penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Raya Ciloto. Selain itu, sekaligus pembangunan rest area di sekitar Ciloto agar pengendara bisa beristirahat guna meminimalisir kecelakaan.

Kepala Desa Ciloto, Tjutju Hidayat menjelaskan, Jalan Raya Ciloto terkenal dengan medan jalan menurun, menanjak dan menikung. sehingga membuat jalan itu kerap terjadi kecelakaan.

“Apalagi tonase kendaraan berat yang melintas di jalur maut Ciloto. Tak pelak, di Jalan Raya Ciloto itu kerap terjadi kecelakaan tunggal atau kecelakaan beruntun. Makanya, diharapkan pemerintah bisa memberikan perhatian serius mengenai hal ini,” terangnya kepada Radar Cianjur (Grup Pojoksatu.id), kemarin (23/4).

Menurutnya, rest area harus segera direalisasikan. Nantinya diharapkan, jika ada tempat peristirahatan, kendaraan berat bisa memeriksa kondisinya terlebih dahulu.


“Jika tonase berat, rem kerap dipacu dengan kerja ekstra saat melintasi Jalan Raya Ciloto yang ekstrim. Sehingga sangat perlu rest area untuk mendinginkan terlebih dahulu rem agar tidak blong dan pengendara yang mengantuk bisa beristirahat sejenak,” terangnya.

Selain itu pihaknya mendesak, segera adanya penambahan penerangan jalan umum karena sejauh ini PJU masih sangat minim.

“Bandingkan dengan jalur yang ada di wilayah Bogor, jalan sudah terang. Namun ketika memasuki Ciloto jalan gelap. Sekalipun ada garis kejut percuma, jika penerangan jalan umum masih kurang. Makanya, kami harapkan ada upaya serius dari pemerintah untuk meminimalisir kecelakaan,” tandasnya. (fhn/dep)