TNI-Petani Bangun Pondasi Irigasi

GOTONG-ROYONG: Koramil Campaka ,Kapten Yayan Ruhiat saat meletakkan batu pertama pembangunan pondasi irigasi.
GOTONG-ROYONG: Koramil Campaka ,Kapten Yayan Ruhiat saat  meletakkan batu pertama pembangunan pondasi irigasi.
GOTONG-ROYONG: Koramil Campaka ,Kapten Yayan Ruhiat saat meletakkan batu pertama pembangunan pondasi irigasi.

POJOKSATU.id, CIANJUR – Koramil Kecamtan Campaka, Kapten Yayan Ruhiat bersama anggotanya melakukan kerja bakti bersama masyarakat di wilayah Kelompok Petani (POKTAN) Kampung Kebon Manggu Rt05/06 Desa Susukan.

Kerja bakti kali ini merupakan peletakan batu pertama pembangunan jaringan irigasi guna mengairi persawahan warga. “Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama para petani,” kata Yayan kepada Radar Cianjur, kemarin.

Pembangunan jaringan irigasi desa menggunakan dana APBN 2014 sebesar Rp40 juta dengan panjang 200 meter. Nantinya, irigasi akan digunakan untuk mengairi persawahan warga seluas 40 hektar dengan kalender pengerjaan selama 20 hari.

“Kami sinergi dengan pihak BPP, PPL dan unsur pemerintah Desa Susukan beserta masyarakat dan para tokohnya,” ucap dia. Mudah-mudahan, sambung Yayan, para petani tidak akan kesusahan untuk mendapatkan pengairan air, terutama di musim kemarau.


Pasalnya, yang sangat rentan menjadi persolan para petani padi yaitu kurangnya pasokan air diduga akibat banyak kebocoran di saluran irigasinya. “Setelah usainya pembangunan, kami berharap keluhan para petani terhadap pengairan tidak lagi muncul,” harapnya.

Apabila tanaman padi mendapat suplai air lancar dan panen melimpah, maka bisa mewujudkan target swasembada pangan dari pemerintah pusat.(rik/dep)