Putus Rantai HIV/AIDS, Bumil Diperiksa

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.id, CIANJUR – Puskesmas Sukanagalih gelar tes Voluntary Counseling Test (VCT) terhadap sejumlah ibu hamil. Hal itu dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus HIV/AIDS.

Kepala Puskesmas Sukanagalih Agus Suhendar menjelaskan, sejumlah kampung di wilayah Puskesmas Sukanagalih sudah dilakukan pemeriksaan VCT, diantaranya di Kampung Cipeutag yang diikuti 13 orang ibu hamil, Desa Gadog 16 orang, dan 26 orang ibu hamil di Desa Cibodas.

“VCT untuk pengambilan Sample darah, selanjutnya akan dikirim ke lab Puskesmas Cipendawa. Ibu hamil berbahaya jika sudah terjangkit penyakit HIV /AIDS. Pasalnya, rentan menyebarkan virus kepada anak yang sedang dikandungnya,” jelasnya.

Dikatakannya, melalui VCT, jika ditemukan ibu hamil positif HIV/AIDS bisa dideteksi sejak dini, dengan cara diberikan obat IRV dan mata rantai ke anak bisa diputus. Pemeriksaan darah akan dilakukan ke sejumlah wilayah tugas Puskesmas Sukanagalih, yakni Desa Cibodas, Gadog, dan Sukanagalih.

“Dikhawatirkan penyebaran HIV/AIDS berasal dari suami yang pernah berhubungan dengan pengidap HIV/AIDS. Sehingga berbagai upaya harus terus dilakukan,” ungkapnya.(fhn/dep)

Feeds