Kelelahan, Pendaki Gunung Gede Tewas

belasan pendaki gunung gede pangrango sukabumi berhasil dievakuasi (ilustrasi)
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, CIANJUR – Satu orang lagi pendaki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) tewas. Diduga pendaki tersebut meninggal akibat kelelahan.

Kasi Pengelolaan TNGGP Wilayah I Ardi Andono menjelaskan, korban meninggal dunia bernama Andi Prasetyo (37) warga Jalan H.Ipin, Pondok Labu Jakarta. Korban tewas saat berada di jalur pendakian Pos Bayangan Legok Leunca TNGGP.

”Kepastian penyebab meninggal, hingga kini belum diketahui. Namun kami mendapati informasi dari tim pendaki, bahwa korban meninggal di Pos Bayangan antara Pos 1 (Information Center Lama) ke pos 2 (Legok Leunca),” terang Ardi kepada Radar Cianjur (Grup Pojoksatu.id), kemarin (20/4).

Menurutnya, korban bersama rekan-rekanya serta seorang porter sudah batuk-batuk sesampainya di Pos I. Akan tetapi korban malah melanjutkan perjalanan, hingga tiba di pos bayangan korban pingsan.


”Setelah itu rekan-rekan korban melaporkan ke Pos Pemeriksaan Simaksi (GPO), dan diketahui korban kedinginan,” jelasnya.

Selanjutnya, petugas mengerahkan lima personil untuk mengevakuasi korban, dan korban dievakuasi dengan cara digendong. Saat itu korban diduga sudah tidak bernyawa lagi. Untuk memastikan kondisi korban, selanjutnya tim melarikan ke Rumah Sakit Cimacan untuk memastikan kondisi sebenarnya. ”Hasilnya korban sudah meninggal dunia,” jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau tidak henti-hentinya pada para pendaki, bahwa pendakian merupakan olahraga yang berat.

Makanya persiapan baik peralatan dan kesehatan harus benar-benar diperhatian. ”Jangan sampai ada korban jiwa lagi, karena ketidaksiapan pendaki itu sendiri,” ujarnya.

Kapolsek Pacet Kompol Wadi Sa’bani menjelaskan, setelah melakukan pemeriksaan dan pendalaman diketahui korban alami sakit serta kelelahan. ”Kami menerima laporan ada pendaki meninggal di TNGGP, hasil pemeriksaan tim medis korban meninggal karena sakit dan kelelahan,” terangnya.(fhn/dep)