Anjal Rawan Konsumsi Narkoba

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, CIANJUR – Anak Jalanan (Anjal) rawan menjadi pelaku penyalahgunaan narkoba. Oleh karenanya diperlukan berbagai upaya agar mereka tidak terjebak dalam penggunaan narkoba.

Petugas TKSK Kecamatan Cipanas Aat Atikah menjelaskan, anjal rawan terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Makanya, salah satu upaya untuk menyadarkan mereka yakni dengan melibatkan mereka dalam berbagai kegiatan.

“Apalagi diantara mereka rata-rata pernah mencoba dan memakai narkoba, baik itu ganja maupun destro,” jelasnya.

Menurutnya, kehidupan mereka yang banyak dihabiskan di jalan, sangat rawan menyalahgunakan narkoba. Oleh karenanya harus dilakukan pengawasan secara ketat. “Kami akan membina anak jalanan, karena ini bagian dari program kami bekerjasama dengan BNN, agar mereka tetap sehat tanpa narkoba,” ujarnya.


Dikatakannya, berdasarkan data, sebanyak 30 orang anjal dari sekitar 40 orang anjal, ikut mendaftarkan diri menjadi peserta program pembinaan. Ini menandakan bahwa mereka mau dibina dan berusaha agar lebih baik.
“Kami akan melakukan kegiatan positif untuk mereka. Selain akan mengadakan pentas musik untuk menjaring bakat mereka, kami akan berusaha memotivasi mereka supaya lebih baik,” katanya.

Ketua Karang Taruna Nagasari Desa Sindanglaya Deden Permana menuturkan, sangat merespon positif program pembinaan anjal yang dilakukan BNNK dengan TKSK. Diharapkan bisa memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba.

“Kami akan merangkul anjal dan mengajak ke dalam kegiatan positif. Kemudian memberikan berbagai pelatihan kepada anjal, agar mereka terbebas dari jeratan narkoba,” tuturnya.(fhn/dep)